sponsor

Select Menu

Data

OPINI

HUKUM

PENDIDIKAN

HOME » » Serikat Buruh adalah Sekolah Terbaik Bagi Buruh


Unknown 14:06 0

Serikat Buruh adalah Sekolah Terbaik Bagi Buruh
Serikat Buruh adalah Sekolah
Salah satu perhatian terpenting untuk memperkuat Serikat Buruh ialah soal pendidikan di dalam organisasi buruh yakni sebagai sekolah terhadap anggota-anggotanya. Untuk memahami bagaimana pentingnya soal pendidikan ini di dalam organisasi buruh akan dipaparkan beberapa pokok-pokok pikiran yang harus kita terapkan di organisasi kita. Semoga berguna dan dapat dijadikan pegangan.

***

Sebagai seseorang buruh atau pekerja, kita mempunyai banyak tugas atau pekerjaan. Baik itu pekerjaan di kantor maupun tugas-tugas melaksanakan keputusan-keputusan organisasi, kita jadi sering melupakan soal pendidikan dan menggapnya “kecil” dan bahkan melupakannya.

Banyak orang mengatakan bahwa kita kekurangan tenaga "GURU" untuk melaksanakan "sekolah" ini. Pendapat demikian ini adalah keliru dan apriori. Sebenarnya kita mempunyai banyak tenaga, banyak orang-orang yang cakap. Tetapi kita harus memberi kesempatan kepada mereka untuk maju. Kita harus menempatkan para "guru" itu tepat pada tempatnya. Kita harus terus membangun kondisi "Belajar Bersama" dengan mereka pada soal-soal apapun itu.

Tiap-tiap kawan yang diberi tugas pekerjaan organisasi harus dilatih secara cukup dan diberi pengertian tentang program aksi organisasi buruh untuk mempertinggi kualitas anggota. Kita harus memperhatikan supaya anggota dan kader-kader itu tidak menjadi bosan dan “berkarat”. Tiap-tiap kali harus diambil tindakan untuk membersihkan debu yang melekat pada diri kader-kader itu.

Menggali dengan seksama kelebihan dari setiap anggota dan kader Serikat Buruh belumlah cukup. Kita harus memperhatikan supaya anggota-anggota yang baru itu diberi pengetahuan organisasi seluas-luasnya, supaya mereka merasa maju, dan lebih-lebih supaya merasa, bahwa mereka mendapat tuntunan setiap hari di dalam menjalankan kegiatan sebagai pekerja atau buruh. 

Kita harus juga mendidik mereka supaya mereka itu benar-benar merasa bertanggung jawab atas pekerjaan yang diberikan oleh organisasi, dan supaya mereka merasa, bahwa mereka 
telah mendapat pendidikan dari organisasi secara baik.

Setiap anggota Serikat Buruh harus diberi latihan di dalam "sekolah" Serikat Buruh, tetapi yang penting sekali ialah pendidikan di dalam menjalani pekerjaan politik yang praktis. Ini berarti, bahwa pendidikan atau "sekolah" kepada anggota-anggota harus selalu ditingkatkan kualitasnya sampai ke tingkatan yang setinggi-tingginya. Hanya dengan jalan ini perjuangan Serikat Buruh di lapangan dapat ditingkatkan.

Kita harus selalu menghubungkan semua teori yang dipelajari dengan permasalahan yang dihadapi sehari-hari. Juga kita harus selalu memberikan contoh bagaimana menggabungkan masalah-masalah teori yang sulit dengan perjuangan kita sehari-hari.

Sebagian dari sekolah-sekolah Buruh tidak mendapat hasil yang baik, karena pendidikan di dalamnya dilakukan menurut sistem pendidikan formal. Seorang buruh yang sadar bukanlah seperti seorang anak sekolah yang bodoh, melainkan seorang pemimpin yang mendapat latihan dan pendidikan khusus dari organisasi.

Sekolah itu hakekatnya ada di dalam menjalankan pekerjaan sehari-hari, di dalam mempraktekkan semua teori di dalam perjuangan organisasi buruh. Seorang pekerja atau buruh yang sadar harus dididik dalam banyak hal, baik di dalam rapat-rapat maupun di sekolah-sekolah lainnya dari organisasi buruh. Oleh sebab itu, program-program baru kita bukan hanya harus merencanakan soal-soal yang mengenai peningkatan keterampilan lewat berbagai pelatihan keterampilan, tetapi juga harus memamsukkuan kurikulum yang memberikan visi bahkan ideologi dari tujuan organisasi. Setiap anggota Serikat Buruh harus dilengkapi dengan teori dasar-dasar tentang kesadaran sejati.

Kemajuan anggota-anggota Serikat Buruh tidak hanya tergantung kepada bagaimana kita melaksanakan tugas-tugas organisasi, tapi juga tergantung kepada banyaknya perhatian yang dicurahkan terhadap anggota-anggota organisasi serta kepada bagaimana cara kita memimpinnya.

Ditulis oleh Kawan Ram

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Bila menemukan komentar bermuatan menghina atau spam, berikan jempol bawah, tanda Anda tak menyukai muatan komentar itu. Komentar yang baik, berikan jempol atas.

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.