sponsor

Select Menu

Data

OPINI

HUKUM

PENDIDIKAN

HOME » » » Kondisi Kerja di Asia Secara Umum Buruk


Unknown 23:17 0

Buruh tekstil asia
Buruh Asia, Murah dan Tanpa perlindungan
KORAN MIGRAN, BANGLADESH - Perlunya perbaikan kondisi kerja bagi pabrik di Asia, ditunjukkan oleh banyak kasus. Yang terakhir di Bangladesh sebuah pabrik ambruk. Sudah diketahui pabrik itu hampir runtuh, dan pagi hari saat terjadinya bencana, para pekerja hanya mau memasukinya karena dipaksa. Ratusan korban tewas. Baru September lalu pabrik tekstil di Bangladesh terbakar. Pintu daruratnya dikunci, banyak pekerja terbakar.



Itu menjadi kritik utama banyak pihak terutama gerakan buruh terhadap Adidas. Jika para pekerja di pabrik pemasok mengeluhkan kurangnya keamanan kerja, tidak terjadi apapun. SBMI lewat Sekjennya, Saputro tidak terlalu berharap dari banyak program-program charity yang dilakukan oleh perusahaan multinasional.

"Kondisi kerja buruh di Asia secara umum masih sangat buruk. Ini menyangkut banyak perusahaan tekstil multinasional. Mereka di satu sisi ingin meningkatkan kondisi kerja, tapi di sisi lain bertahan untuk memproduksi dengan murah dan cepat. Kedua hal itu tidak bisa dikombinasikan," ujarnya di sela-sela diskusi dengan banyak organisasi buruh tekstil yang sedang bertemu di Bangladesh.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Bila menemukan komentar bermuatan menghina atau spam, berikan jempol bawah, tanda Anda tak menyukai muatan komentar itu. Komentar yang baik, berikan jempol atas.

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.