sponsor

Select Menu

Data

OPINI

HUKUM

PENDIDIKAN

HOME » » Manipulasi Kapitalisme atas Krisis Infrastuktur


Unknown 04:30 29

Di masa krisis keuangan saat ini, salah satu sektor yang dianggap penting dalam menciptakan pertumbuhan ekonomi adalah sektor infrastuktur. Sehingga membuat penyediaan pembangunaninfrastruktur menjadi tujuan investasi internasional untuk mencari keuntungan. Dana-dana yang mengalami kejenuhan dalam pasar keuangan kemudian kemudian beralih ke sektor infrastuktur dan menjadi dasar bagi tumbuhnya pasar keuangan yang baru.

Paradigma penyediaan barang publik seperti infrastruktur telah bergeser secara mendasar, yang sebelumnya merupakan tanggung jawab negara menjadi tanggung jawab sektor swasta. Infrastruktur yang seharusnya dibiayai dengan pajak yang dibayarkan oleh rakyat, saat ini justru akan diserahkanpemerintah kepada investor swasta dan melibatkan investasi publik. Infrastruktur akan dijadikan sebagai strategi untuk memobilisasi dana massa ke dalam pasar keuangan melalui bank-bank investasi dan bursa saham.

Pasar infrastruktur dijadikan dasar dalam menggerakkan kembali sektor manufaktur yang berasal daripertambangan, besi baja, dan otomotif yang dalam beberapa waktu terakhir mengalami gejalaoverproduksi dan underconsumption. Sebagaimana kita ketahui bahwa negara-negara penghasil besi baja utama seperti China, India, AS, Korea, Jepang, dan Eropa telah kehilangan pasar secara signifikan. Masing-masing negara penghasil besi baja tersebut berusaha memburu pasar dunia dengan sekuat tenaga diantaranya menggunakan instrumen perdagangan bebas.

Selain itu pasar infrastuktur akan membantu pemulihan sektor keuangan yang juga mengalami kebangkrutan. Dana-dana yang berputar dalam pasar keuangan yang saat ini mengalami kemandekan dan menyebabkan perekonomian cenderung bergerak negatif akibat tidak adanya ekspektasi baru, maka nantinya akan kembali dapat digairahkan.

Hal ini mengingat besarnya dana yang diperlukan dalam rangka pembangunan infrastruktur yang sangat besar dan diharapkan dapat memulihkan ekonomi global khususnya pasar keuangan. Mengutip dari CIBC World Markets 2009, perkiraan biaya pada pekerjaan umum akan menghabiskan hingga lebih dari USD 35 triliun pada periode 2010-2030. Sementara Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) memperkirakan bisa menjadi USD 71 triliun total pengeluaran selama 20 tahun ke depan. Sementara itu Booz Allen Hamilton, in a 2007 report[1], memperkirakan kebutuhan investasi yang disebutnya sebagai modernisasi system usang “modernize obsolescent systems” yangmembutuhkan dana besar bagi pembangunan infrastruktur jaringan global antara 2005 sampai 2030 dapat mencapai US $ 41 trilliun. 

Berikut ini data kebutuhan dana infrastruktur global berdasarkan geografi dan sektor sebagai berikut[2]:

Estimasi Kebutuhan Dana Infrastruktur Global Berdasarkan Geografi dan Sektor


No
   Kawasan
Kebutuhan dana Infrastuktur
1
   Middle East
$0.9 trillion
2
    Africa
$1.1 trillion
3
    US/Canada
$6.5 trillion
4
    South America/Latin America
$7.4 trillion
5
    Europe
$9.1 trillion
6
    Asia/Oceania
$15.8 trillion

SEKTOR
Jumlah
1
    Water and wastewater
$22.6 trillion
2
    Power
$9.0 trillion
3
    Road and rail
$7.8 trillion
4
    Airports/seaports
$1.6 trillion
Sumber : Booz Allen Hamilton, in a 2007 report

Besarnya kebutuhan dana infrastruktur tersebut akan mendorong perbankan internasional mengambil peran besar dalam menyediakan dana yang diperlukan bagi kebutuhan investasi infrastruktur. Lembaga keuangan internasional seperti International Monetary Fund (IMF), World Bank (WB) dan Asian Developmnet Bank (ADB), berlomba-lomba menyediakan dana yang besar dalam rangka mendukung sektor infrastruktur. Selain itu bank-bank milik pemerintah negara maju seperti Japan Bank for International Cooperation (JBIC) siap membiayai perusahaan-perusahaan nasional Jepang untuk melakukan investasi infrastruktur di luar negeri. 

Demikian pula halnya dengan bank investasi terkemuka seperti JP Morgan yang merupakan lembaga keuangan yang memiliki 20,000 clients, termasuk corporations, governments, states, municipalities, health-care organizations, education institutions, banks and investors, dan beroperasi di sekitar lebih dari 100 negara, telah menyediakan layanan lengkap dalam memberikan fasilitas keuangan dalam pembangunan infrastuktur dan tinggal menunggu saat yang tepat untuk mengarahkan dana mereka dalam investasi tersebut.   

Dari penjelasan diatas maka diperoleh keterangan bahwa krisis keuangan bukanlah tentang kelangkaan sumber keuangan global, namun stagnasi dalam pasar keuangan sehingga dibutuhkan peluang investasi baru dalam menggerakkan pertumbuhan ekonomi bagi upaya menggerakkan sektor keuangan itu sendiri dan menggerakkan kembali perekonomian global yang mengalami stagnasi mendalam akibat krisis global sejak 1998 lalu.

Peran Rezim Internasional

Dalam berbagai pertemuan internasional isu infrastruktur semakin intensif dibicarakan. G20 yang beranggotakan 20 negara dengan PDB terbesar di dunia menjadikan investasi infrastruktur sebagai fokus utama dalam perundingan. G20 hendak menetapkan skema penyediaan dan pembiayaan inftasruktur dalam rangka menolong krisis.

Salah satu keputusan penting G20 pada Juli 2012, dalam inftasruktur adalah merancang lembaga pembiayaan infrastuktur. Keberadaan lembaga pembiayaan infrastruktur ini merupakan kunci dari pertumbuhan ekonomi yang diharapkan. Dalam dokumen G20 dikatakan bahwa “investment in infrastructure is critical for sustained economic growth, poperty reduction and job creation. Deklarasi tersebut memandang penting keberadaan multilateral development bank terkait dengan pembiayaan infrastruktur tersebut. Kebutuhan dana infrastruktur diperkirakan sangat besar. Perdana Menteri India Manmohan Singh menyatakan untuk negara berkembang saja kebutuhan dapat mencapai USD 1 triliun dalam lima tahun mendatang. (Canadian.com. 6, 2012)

Selanjutnya dalam pertemuan APEC yang berlangsung di Rusia beberapa waktu lalu juga menjadikan isu infrastruktur sebagai tema pembahasan utama. APEC berangotakan 21 negara dan lembaga keuangan internasional seperti Asian Development Bank (ADB), Inter Americant Development Bank, World Bank, International Monetary Fund (IMF) dan berbagai institusi bisnis lainnya. Pertemuan ini menyepakati bahwa akselerasi investasi infrastruktur merupakan strategi penting dalam menjawab pembangunan berkelanjutan di region Asia Pasifik. Dikatakan bahwa pembiayaan publik dan swasta merupakan jalan yang penting untuk mendukung investasi infrastruktur.

China sebagai salah satu anggota APEC membuat ekspektasi yang besar dalam pengembangan infrastruktur. China mengajukan empat proposal besar terkait dengan infrastruktur yakni ; 1) Pertama, mempercepat pembangunan infrastruktur untuk memperkuat landasan pembangunan. Kedua, kawasan Asia-Pasifik harus meningkatkan konektivitas dan efisiensi dari rantai pasokan (suplay chain)untuk menjamin kelancaran fungsi infrastruktur, ketiga wilayah tersebut harus memperdalam reformasi struktur investasi untuk berbagi peluang dalam pembangunan infrastruktur. Keempat, kawasan Asia-Pasifik harus memperkuat pertukaran dan kerjasama untuk bersama-sama mempromosikan konektivitas regional. [3]

Selanjutnya Indonesia sebagai mana dikemukakan oleh Presiden SBY dalam pertemuan APEC menyakan membutuhkan dana sekitar USD 500 miliar atau sekitar Rp 5.000 triliun untuk kebutuhan membangun infrastruktur. SBY menyatakan Indonesia telah mempersiapkan project MP3EI dalam rangka memfasilitasi masuknya modal utnuk melakukan investasi membangun infrastruktur melalui skema Public Private Partnership (PPP). (Indii.co.id, investor daily 10 september 2012).

Selanjutnya ASEAN yang merupakan regionalisme baru negara-negara Asia Tenggara memiliki obsesi yang besar dalam rangka membangun infrastruktur bagi ASEAN untuk merancang ASEAN Connectifity. ASEAN telah membentuk bank pembiayaan infrastruktur atau Asean Infrastruktur Fund (AIF) dengan modal awal sebesar sebesar USD 485.2 juta dimana USD 335,2 juta adalah dari ASEAN sedangkan sisanya USD 150 juta berasal dari ADB. Sekitar enam proyek setiap tahun diperkirakan akan dilakukan mulai tahun depan. Total komitmen pinjaman AIF sampai tahun 2020 akan mencapai USD 4 miliar.Dengan tujuan untuk meningkatkan lebih dari USD 13 miliar dalam pembiayaan infrastruktur tersebut,Menteri Keuangan ASEAN, Presiden Bank Pembangunan Asia (ADB), dan Sekretaris Jenderal ASEANtelah menandatangani Perjanjian Pemegang Saham ASEAN Infrastructure Fund (AIF) selama akhir pekan di Washington, DC.[4]

Beberapa perjanjian perdagangan bebas lainnya juga mencoba merancang skema penyediaan infrastruktur oleh sektor bisnis. Perjanjian perdagangan bebas Indonesia-EU, CEPA tampaknya akan membuka sektor infrastruktur Indonesia bagi investasi EU. Dalam dokumen Joint Study Grouppembangunan infrastruktur merupakan salah satu perhatian utama dari Uni Eropa dalam mendorong perdagangan bebas dengan Indonesia. Skema utama dalam pembangunan infrastruktur yang diinginkan adalah PPP. Tujuan nya adalah agar investor Uni Eropa lebih tergerak melakukan investasi di Indonesia.

Peran sector swasta

Pembiayaan infrastruktur oleh sektor swasta memang bukan hal yang baru dalam perekonomian dunia, namun semenjak krisis keuangan nampaknya skema pembiayaan semacam ini akan semakin meluas. Salah satu alasan utama melibatkan sektor swasta dalam penyediaan infrastruktur adalah dikarenakan negara tidak memiliki kemampuan untuk menyediakan sendiri infrastruktur yang diperlukan.

Di negara-negara maju seperti Amerika Serikat dan Eropa serta sebagian negara berkembang lainnya, anggaran pemerintah ditekankan agar tetap memiliki kemampuan dalam membayar utang kepada swasta, baik swasta dalam negeri maupun swasta asing.

Namun sejak krisis utang negara-negara Eropa sejak 2008 lalu telah mendorong kebijakan lebih keras dari pemerintah untuk mengurangi belanja publik dan memprioritaskan kemampuan negara dalam membayar utang. Dengan demikian pembiayaan infrastruktur di Eropa pun akan diarahkan sepenuhnya dilakukan oleh sektor swasta.

Di Indonesia sebagian besar Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) telah habis dialokasikan untuk kebutuhan penyelenggaraan pemerintahan seperti gaji, tunjangan, perjalanan dinas. Lebih dari 75 persen anggaran APBN hanya dialokasikan untuk anggaran rutin dan sisanya dialokasikan untuk anggaran pembangunan. Buruknya sistem anggaran nasional Indonesia menyebabkan pemerintah SBY tidak dapat menjalankan pembangunan infrastruktur secara signifikan dalam 8 tahun masa pemerintahannya.

Dengan demikian pembiayaan inftasruktur oleh swasta menjadi andalan satu-satunya pemerintah. Kecendrungan semacam ini tentu akan sangat merugikan kepentingan publik secara luas. Negara seharusnya memegang peran penting dalam membangun infrastruktur publik, bukan melepaskan tanggung jawab ini. Dengan demikian maka terjadi dislokasi keuangan publik yang sangat luas. Publikpembayar pajak tidak akan dapat menikmati hasil pajak mereka melalui pembangunan infrastruktur publik.

Kebijakan melibatkan sektor swasta akan dimulai dengan pembentukan bank pembiayaan baru sebagai salah satu mekanisme yang dianggap solusi mengatasi persoalan infrastruktur. Pembentukan bank pembiayaan dimulai dengan pendirian bank infrastruktur negara baik nasional dan regional. Bank infrastruktur menggunakan uang milik pemerintah dalam bentuk pinjaman, credit pajak, subsidi langsung untuk memungkinkan aliran modal milik pribadi dalam sektor public goods. Hasilnya, terbangunnya sistem public private partnership (PPP) yang merupaan kombinasi antara dana publikdan dana private dalam penyediaan public good yang didasarkan atas prioritas nasional.[5]

Langkah untuk melibatkan bank pembiayaan internasional dalam pengembangan infrastruktur terlihat dalam hasil joint study group Indonesia – EU FTA (CEPA). Analisis Kelompok Visi yang ditugaskan kedua pihak dalam negosiasi merekomendasikan keterlibatan langsung dan substansial dari Bank Investasi Eropa (EIB) dalam pembangunan infrastruktur Indonesia. Termasuk partisipasi dan dukungan Dana Jaminan Infrastruktur Indonesia (IIFGF) atau PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII) dimana modal tambahan dan pengembangan kapasitas sama-sama diperlukan. Dengan kesepakatan ini maka dipastikan infrastruktur Indonesia ke depan akan dapat dikuasai oleh investor swasta EU.

Pemerintah tengah melakukan negosiasi dalam rangka memfasilitasi PPP bagi Uni Eropa melalui perjanjan CEPA. Berdasarkan rumusan hasil joint study kedua belah pihak disepakati Fasilitasi perdagangan dan investasi, dalam kegiatan apa pun, harus dibangun berdasarkan perkembangan terakhir dalam prosedur dan otomatisasi cukai. Investasi langsung dari perusahaan-perusahaan UE dapat dikaitkan secara menguntungkan dengan infrastruktur, pekerjaan umum dibidang infrastruktur dan kerjasama publik/privat (PPP). Fasilitasi dan investasi infrastruktur yang efektif yang terkait dengan globalisasi sangatlah penting bagi penggabungan yang menguntungkan antara perusahaan lokal Indonesia dan UE menjadi rantai-nilai global. Dengan cara ini, akan terjadi interaksi yang jauh lebih baik dengan akses pasar dan pengembangan kapasitas.

Dalam dokumen Joint Study Group tersebut direkomendasikan untuk membuka kesempatan bagi investor UE di bidang pekerjaan umum, khususnya di bidang infrastruktur yang digabungkan dengan kerjasama publik-privat (public private partnership/PPP), yang merupakan hal yang menarik bagi investor. Dikatakan bahwa hal ini akan meningkatkan transfer fungsi-fungsi pengujian dan sertifikasi dari UE ke institusi-institusi Indonesia dalam kerangka regulatori yang disepakati bersama dan pengurangan biaya penggunaan infrastruktur berkualitas ekspor (export quality infrastructure, EQI) bagi sektor swasta. Selain itu Persyaratan konten lokal hendaknya dihapuskan, alasannya perusahaan global kerap memiliki strategi produk global yang diciptakan sebelum memasuki suatu pasar spesifik. Jika persyaratan konten lokal yang ditentukan oleh negara terlalu ketat hingga perusahaan perlu untuk memodifikasi produksinya atau rantai suplainya, hal ini dianggap sebagai disinsentif untuk menanam modal di pasar tersebut

Kesepakatan awal Indonesia EU dalam infrastruktur meliputi Pertama, CEPA harus membahas pengadaan pemerintah, khususnya dalam infrastruktur publik. Pihak-pihak harus setuju dalam menetapkan peraturan-peraturan transparansi dan menegosiasikan tahap-tahap tambahan dalam akses bersama ke pasar publik bersangkutan. Kedua, pembahasan harus meliputi hambatan-hambatan suplai terpenting di Indonesia, seperti logistik dan infrastruktur. Hal ini termasuk ketersediaan listrik, transportasi, jalan, dan pelabuhan. Ketiga, model Kemitraan Pemerintah-Swasta yang berfungsi penuh untuk pembangunan infrastruktur termasuk perusahaan-perusahaan lokal dan penanam modal sangat penting untuk mencapai kemajuan. Keempat, proyek infrastruktur akan terus memerlukan dukungan pemerintah dalam bentuk jaminan untuk pembelian aset kembali, untuk memastikan dan melandasi pendapatan minimum dan keuntungan komersial yang diharapkan. Kelompok Visi berpendapat bahwaFDI dan pembatasan konten lokal (40% dalam pengadaan barang, pelayanan, pekerjaan konstruksi, juga untuk Kemitraan Pemerintah-Swasta) menghambat kemajuan proyek pembangunan infrastruktur karena gagal menciptakan insentif dan daya saing untuk perusahaan lokal dan asing. 

Sama halnya dengan kebijakan yang disepakati Indonesia dengan Jepang melalui Indonesia-Japan Economic Partnershive Agreement (IJEPA) 2005 lalu. Dalam kesepakatan tentang Kebijakan Persaingan disepakati beberapa hal (1) Kedua belah pihak berbagi pandangan tentang pentingnya upaya dalam Kebijakan Kompetisi di bawah Jepang-Indonesia EPA. (2) Pihak Jepang menekankan bahwa tujuan dari diskusi tentang kebijakan persaingan di bawah EPA adalah untuk mencegah praktek Anti Persaingan Usaha di wilayah kedua negara dan menghalangi manfaat dari liberalisasi perdagangan dan investasi, sementara menunjukkan bahwa upaya di bidang kebijakan persaingan akan menjadi soft infrastruktur untuk investasi oleh perusahaan Jepang. Selain itu, pihak Jepang menyarankan bahwa upaya standar yang tinggi baik kerjasama penegakan hukum dan kerjasama teknis harus dilakukan di bawah EPA antara kedua negara. Indonesia adalah salah satu negara paling maju di antara negara-negara ASEAN dalam hal kebijakan persaingan usaha. Pihak Jepang menekankan bahwa pemberitahuan, kerjasama, koordinasi, positif dan negatif sikap hormat pada khususnya harus dibahas dalam bidang penegakan kerjasama.

Pihak Jepang menyatakan berminat dalam liberalisasi sektor jasa termasuk manufaktur terkait jasa, jasa konstruksi, jasa informasi dan komunikasi, transportasi, dan jasa pariwisata, jasa distribusi, jasa keuangan, dan jasa hukum. Pihak Jepang menjelaskan bahwa jasa konstruksi Jepang dapat memberikan kontribusi untuk peningkatan infrastruktur di Indonesia, dan bahwa manufaktur terkait layanan sangat penting untuk industri manufaktur di mana investor Jepang adalah salah satu kontributor terbesar bagi perekonomian Indonesia. Pihak Indonesia juga menyatakan minatnya dalam liberalisasi sektor jasa, termasuk pariwisata, informasi dan layanan komunikasi, transportasi laut,konstruksi, pendidikan dan kesehatan yang berhubungan dengan pelayanan.

Selain itu, isu-isu yang sangat penting dan mendesak dalam perbaikan lingkungan investasi adalah : (a) bea cukai, (b) perpajakan, (c) tenaga kerja, (d) promosi investasi / pengembangan industri pendukung, dan (e) infrastruktur. Industri Jepang menekankan perlunya membangun mekanisme, yang terdiri dari sektor publik dan swasta dari Jepang dan Indonesia, untuk menemukan masalah dan solusi dari masalah tersebut. Industri Jepang juga mengusulkan aktif memanfaatan Forum Bersama Investment, yang pendiriannya adalah diputuskan pada bulan Desember 2004.[6]

Jatuh Dalam Genggaman Modal Asing

Rencana perusahaan multinasional dari negara maju untuk mengivasi pasar infrastruktur di Indonesia diakomodir pemerintah SBY dalam kebijakan nasional. Ada dua strategi utama yang akan digunakan oleh rezim SBY dalam membangun infrastruktur yaitu, pertama dengan memobilisasi utang luar negeri dari berbagai negara di dunia, khususnya negara-negara yang memiliki cadangan liquiditas melimpah. Kedua, dengan memobilisasi sektor swasta untuk melakukan investasi pada pembangunan infrastuktur dalam skema kerjasama yang menjanjikan keuntungan bagi investor. 

Untuk memperoleh utang dan investasi tersebut pemerintah SBY merancang proyek ambisius yang disebut dengan MP3EI. Didalam MP3EI memuat rencana meningkatkan konektivitas nasional yang terintegrasi secara lokal dan terhubung secara internasional (locally integrated, internationally connected). Penguatan konektivitas nasional ditujukan untuk memperlancar distribusi barang dan jasa, dan mengurangi biaya transaksi (transaction cost) logistik. [7]

MP3EI bertujuan (1) menghubungkan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi utama untuk memaksimalkan pertumbuhan; (2) memperluas pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan aksesibilitas dari pusat-pusat pertumbuhan ekonomi, dan (3) menyebarkan manfaat pembangunan secara luas (pertumbuhan yang inklusif dan berkeadilan) melalui peningkatan konektivitas dan pelayanan dasar ke daerah tertinggal, terpencil dan perbatasan dalam rangka pemerataan pembangunan. Sedangkan secara spesifik, tujuan dari penyusunan Rencana Aksi Konektivitas MP3EI adalah untuk (1) Menjadi pedoman yang memuat sasaran, strategi, dan kebijakan percepatan pelaksanaan pembangunan serta pembiayaan kegiatan MP3EI yang menunjang konektivitas nasional; (2) Sebagai pedoman kepada Tim Koridor Ekonomi dan pelaksana kegiatan terkait dengan capaian dan target pelaksanaan kegiatan MP3EI yang menunjang konektivitas yang akan dilaksanakan pada tahun 2011-2012. (3) Mengkoordinasikan dan mensinkronkan sumber daya yang ada di tingkat pusat, provinsi maupun kabupaten/kota di wilayah koridor untuk meningkatkan efisiensi pelaksanaan kegiatan MP3EI 2011-2012; baik dari sisi pendanaan yang bersumber dari APBN, APBD Provinsi, dan APBD Kabupaten/Kota,serta kontribusi lembaga donor dan swasta (KPS/PPP) maupun sumber daya lainnya; serta (4) Sebagai bahan masukan dalam penyusunan dan penyempurnaan dokumen perencanaan ditingkat pusat dan daerah.[8]

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyebutkan 20 miliar dolar AS disiapkan untuk pembangunan infrastruktur pada tahun 2013 mendatang. Dana ini, menurut Presiden, akan difokuskan pada sektor energi dan transportasi. "Di sektor transportasi, kita ingin menambah kapasitas jalan-jalan nasional sepanjang 4.278 km dari yang sudah ada. Kita juga berencana untuk membangun jalan-jalan baru sepanjang 559 km. Rel kereta api sepanjang 380 km dan 15 pelabuhan udara baru," Presiden SBY menjelaskan dalam sambutannya, di JCC Jakarta, Selasa (28/8/2012).[9]

Program MP3EI tersebut dikatakan telah menarik minat berbagai lembaga keuangan internasional, termasuk lembaga keuangan swasta dari negara-negara maju. Hal ini dikarenakan skema pembiayaan infrastruktur tersebut akan dilakukan melalui skema PPP atau alokasi investasi secara bersama-sama antara pemerintah dan swasta melalui model kerjasama pemerintah dan swasta atau Public Private Partnership (PPP). Sedikitnya ada 33 proyek PPP yang telah dirancang pemerintah dalam MP3EI tersebut.

Morgan Stanley dalam majalah Bloomberg 5/11/2011 menyatakan bahwa Indonesia mungkin memerlukan investasi senilai USD 250 miliar atau sekitar Rp 2.500 triliun dalam bidang infrstuktur. Public Private Investment tersebut setara dengan 5,9 persen GDP tahun 2015. Perusahaan ini merupakan perusahaan multinasional yang bergerak dalam jasa keuangan yang siap membiayai pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Hal tersebut dikemukakan dalam sebuah siaran pers dari sekretariat kabinet JP Morgan`s CEO Jamie Demon saat bertemu dengan President Susilo Bambang Yudhoyono di Kantor Presiden. Jamie Demon mengatakan pertemuan tersebut Kepala Negara didampingi oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Gita Wirjawan. Tujuan pertemuan “Siluman“ dengan presiden adalah untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang proyek-proyek infrastruktur di bawah Program Master PlanPerluasan dan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). Pada pertemuan itu kepalanegara Indonesia meminta JP Morgan memberikan perhatian khusus kepada program MP3EI yang diluncurkan baru-baru ini. JP Morgan, lembaga keuangan internasional, diharapkan akan siap untukmendanai proyek-proyek infrastruktur, dan untuk menginformasikan kepada masyarakat internasionalbahwa iklim investasi di Indonesia masih menjanjikan. 

CEO JP Morgan juga mengatakan program MP3EI membutuhkan sejumlah besar dana dan karena ituJP Morgan diperkirakan akan memainkan perannya dalam program terutama dalam pendanaanproyek-proyek infrastruktur di Indonesia. JP Morgan adalah bank investasi global terkemuka dengan salah satu basis klien terbesar di dunia. Perusahaan ini menyediakan saran strategis, meminjamkan uang, meningkatkan modal, membantu mengelola risiko, memperpanjang likuiditas, dan memegang posisi kepemimpinan global hampir di semua lini bisnis utama.[10]

Project MP3EI merupakan program ambisius Pemerintahan SBY yang membangun 6 koridor ekonomi dan menghubungkan koridor tersebut dalam rangka memobilisasi sumber daya alam Indonesia dalam pasar internasional.[11] Mega proyek pembangunan berbagai macam infrastuktur jalan, jembatan, pelabuhan, telekomunikasi, dan lain sebagainya dalam mengembangkan conectivity diantara koridor-koridor tersebut dan pasar internasional. Andalan utama dalam pembiayaan MP3EI adalah investasi sektor swasta dan utang luar negeri.

Pemerintah telah mengundang banyak investor internasional dalam rangka pembangunan infrastruktur. AS merupakan salah satu negara yang dipandang penting dalam proyek ini. Menteri Perindustrian mengatakan, kerjasama investasi itu untuk membantu pembangunan infrastruktur di 13 sektor dari 22 sektor MP3EI. Bentuk kerja sama pertama adalah proyek bersama PT Pertamina dengan Perusahaan Fuel Technologies Celanese dengan nilai investasi USD 2 miliar. "Joint Pertamina ini untuk membuat proyek batu bara dengan Celanese. AS juga akan membantu konsultasi mengenai pembangunan infrastruktur seperti di sektor teknologi informasi (IT), minyak, gas, dan peralatan berat. Wakil Menteri Luar Negeri AS Bidang Ekonomi dan Bisnis Jose W. Fernandez mengatakan kerjasama ini merupakan bentuk apresiasi AS terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia termasuk penciptaan lapangan kerja. "Pemerintah dan perusahaan Amerika ingin menjadi mitra dalam pembangunan tersebut. Amerika Serikat berminat investasi di Kutai Timur[12]

Deputi Sarana dan Prasarana Bappenas Dedy S Priatna pada pada paparan pada acara Working Level Task Force Indonesia-Korea, Working Group on Infrastructure and Construction di Korea Selatan menyatakan pemerintah Indonesia berkomitmen untuk terus meningkatkan investasi swasta dalam proyek infrastruktur dan penciptaan iklim investasi yang kondusif, khususnya bagi kerjasama dalam skema PPP. (I-News, Senin 15/10/2012). Keempat proyek yang ditawarkan kepada Korsel itu adalah: proyek Southern Bali Water Supply di Bali, Karian Water Conveyance, jembatan Batam-Bintan dan rel kereta api batubara Bengkulu-Muara Enim.[13]

Selain itu Indonesia juga meminta European Investment Bank (EIB) menyatakan dukungan terhadap proyek-proyek pemerintah dan swasta yang memungkinkan dalam infrastruktur, industri, agro-industri, pertambangan, dan services. Di bawah mandat yang ada dalam EIB (periode 2007-2013) EIB memiliki otoritas untuk meminjamkan s.d. 1 miliar Euro pada operasi keuangan Asia yang mendukung strategi kerja sama UE.

Pemerintah juga telah mendirikan PT PII pada 2010 sebagai 100% BUMN dan dirancang sebagai penyedia jaminan investasi. PT ini bertindak sebagai perusahaan asuransi dan menarik premi asuransi. Modal awal adalah Rp 1 triliun (USD 110 juta); ditambah dengan Rp 1 triliun disuntikkan pada 2010; oleh karena itu modal awalnya menjadi USD 220 juta. PT PII dibangun dengan bantuan Bank Dunia yang menyediakan USD 500 juta sebagai dukungan jaminan dan dari Yayasan Temasek yang menyediakan S$ 474.000.

Arah kebijakan nasional yang menyerahkan sektor tanggung jawab negara kepada swasta akan menimbulkan dua hal, pertama ; Indonesia akan semakin tergantung pada utang luar negeri kepada lembaga keuangan global, seperti IMF, World Bank dan ADB dan negara-negara maju seperti AS, Jepang, Eropa. Kedua, semakin sulitnya akses rakyat terhadap infrastruktur baik dikarenakan harganya yang akan semakin mahal dikarenakan infrastruktur dikuasai sektor swasta untuk kepentingan meraih keuntungan.***

[1] Booz Allen Hamilton Inc, atau lebih dikenal Booz Allen, adalah sebuah perusahaan konsultan Amerika yang berkantor pusat di Tysons Corner, Fairfax County, Virginia, dengan 80 kantor lainnya di seluruh Amerika Serikat.Merupakan salah satu perusahaan konsultasi teknologi paling bergengsi di dunia, dan salah satu perusahaan konsultan terbaik oleh Majalah Consulting. Didirikan pada tahun 1914 oleh Edwin G. Booz, perusahaan ini adalah salah satu perusahaan konsultan manajemen tertua di dunia.http://en.wikipedia.org/wiki/Booz_Allen_Hamilton




[5] Banking on the future, new Paradigm for rebuilding our nation infrastructure, Steven Newman, Real estate Institute, Baruch College. http://www.baruch.cuny.edu/realestate/pdf/H7656_BaruchBankingFutureWhtPaper.pdf

[6] (JAPAN-INDONESIA ECONOMIC PARTNERSHIP AGREEMENT JOINT STUDY GROUP REPORT May 2005, http://www.mofa.go.jp/region/asia-paci/indonesia/summit0506/joint-3-2.pdf)


[8] Sustaining Partnershive, edisi Khusus konektifitas 2011, media informasi kerjasama pemerintah dan swasta, Deputi Bidang Sarana dan Prasaran Bappenas. 




[11] Enam koridor ekonomi indonesia, yaitu: Koridor Sumatera, Koridor Jawa, Koridor Kalimantan,

Koridor Sulawesi, Koridor Bali–Nusa Tenggara, dan Koridor Papua–Kepulauan Maluku.http://pkps.bappenas.go.id/attachments/article/957/DESEMBER%20Khusus_KONEKTIFITAS_INDONESIA_L.pdf


[13] I-NEWS, Pemerintah Akan Terus Tingkatkan Peran Swasta di Proyek Infrastruktur, Published on 15 October 2012, Jakarta

Sumber: IGJ

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

29 komentar Manipulasi Kapitalisme atas Krisis Infrastuktur

  1. Halo, saya Mrs Joyce, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis di tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di: joycemeyerloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

      Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

      Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

      Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

      Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

      Delete
  2. Halo, nama saya Mia Aris.S. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800.000.000 (800 JUTA ) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena aku berjanji padanya bahwa aku akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apapun, silahkan hubungi dia melalui emailnya: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com
    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com.
    Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    ReplyDelete
  3. Halo, nama saya Mia Aris.S. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800.000.000 (800 JUTA ) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena aku berjanji padanya bahwa aku akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apapun, silahkan hubungi dia melalui emailnya: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com
    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com.
    Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    ReplyDelete
  4. Saya sangat senang dan memutuskan untuk berbagi kebahagiaan saya dengan Anda semua, saya dan keluarga saya telah diberkati oleh Tuhan menggunakan Sandra Ovia Loan Firm, saya mengajukan pinjaman satu minggu lalu dan saya mendapat pinjaman disetujui Jumat lalu dan hari ini saya punya saya pinjaman senilai Rp900,000,000.00 ditransfer ke rekening bank saya, saya sarankan Sandra Ovia Pinjaman Firm sebagai yang terbaik dan saya berdoa Tuhan akan memberkati mereka dan menjaga bisnis mereka ke depan, Amin
    Jika Anda membutuhkan saran tentang bagaimana saya pergi melalui dengan itu, saya wil senang untuk menempatkan Anda melalui, Anda dapat menghubungi saya melalui Email-widyaokta750@gmail.com
    Anda dapat menghubungi firm pinjaman langsung pada mereka
    Email-sandraovialoanfirm@gmail.com
    Terima kasih
    Widya Okta

    ReplyDelete
  5. Halo, nama saya Mia Aris.S. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800.000.000 (800 JUTA ) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena aku berjanji padanya bahwa aku akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apapun, silahkan hubungi dia melalui emailnya: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com
    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com.
    Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    ReplyDelete
  6. Halo, aku Mrs Sandra Ovia, pemberi pinjaman uang pribadi, apakah Anda dalam utang? Anda perlu dorongan keuangan? kami juga menyediakan pinjaman akhir tahun, pinjaman untuk paket Natal, tahun baru, untuk bertemu dengan tagihan Anda, memperluas bisnis Anda dan juga untuk renovasi rumah Anda. Aku memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda dipersilakan untuk perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

    ReplyDelete
  7. Tracy Morgan pinjaman firm, sebagai bagian dari promosi Natal/New Year yang sedang berlangsung, kami sedang persembahan pribadi, pribadi dan komersial pinjaman kepada calon pelamar membutuhkan mendesak pinjaman pada tingkat bunga 2%.
    Mengapa menunggu, Apakah Anda perlu uang mendesak? Kami memiliki uang untuk pinjaman Anda.
    Layanan Keuangan pinjaman kami adalah 100% dijamin.
    Daftar sekarang dan bergabung dengan ribuan pelanggan yang puas.
    Email: tracymorganloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  8. Halo, aku Mrs. Sandra Ovia, pemberi pinjaman uang pribadi, apakah Anda dalam utang? Anda perlu dorongan keuangan? kami juga menyediakan pinjaman akhir tahun, kredit untuk merencanakan untuk tahun baru mendatang, untuk bertemu dengan tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun yang akan datang ini dan juga untuk renovasi rumah Anda di tahun baru. Aku memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda dipersilakan untuk perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

    ReplyDelete
  9. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Mia.S. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 JUTA) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena aku berjanji padanya bahwa aku akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apapun, silahkan hubungi dia melalui emailnya: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com dan miss Sety yang saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia dia juga mendapat pinjaman dari Ibu Cynthia baru Anda juga dapat menghubungi dia melalui email nya: arissetymin@gmail.com Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    ReplyDelete
  10. Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    ReplyDelete
  11. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.com
    dan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    ReplyDelete
  12. Saya membutuhkan pinjaman mendesak untuk perusahaan saya untuk menyelesaikan proyek yang sedang berjalan di tahun ini.

    ReplyDelete
  13. Whatsapp: +19147057484
    Nama saya Merpati Darma, dari kota Depok di Indonesia, saya seorang Islam yang taat, saya ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian hidup saya yang sebenarnya dan sekali lagi untuk mengingatkan semua orang di sini yang hanya ingin mengajukan pinjaman untuk menghubungi ibu Rika Anderson, Dia adalah permata langka dan seorang ibu yang baik hati yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan ketika saya mengajukan pinjaman ke RIKA ANDERSON LOAN COMPANY, karena dia meminjamkan saya pinjaman saya sebesar Rp350 juta dan hidup saya dan seluruh hidup keluarga saya telah berubah secara finansial, saya sekarang punya bisnis sendiri di kota, membayar hutang saya, keluarga saya bahagia dan anak-anak saya di sekolah yang baik, beberapa bulan yang lalu, saya mengalami kesulitan keuangan dan karena kebutuhan saya yang mendesak untuk mendapatkan pinjaman, saya ditipu oleh perusahaan pinjaman. Saya kehilangan harapan sampai hari yang setia ini saya sedang memeriksa pinjaman blog dan saya menemukan kesaksian seorang dermawan dari perusahaan pinjaman Rika Anderson dan saya memutuskan untuk menghubungi ibu Rika Anderson melalui email: rikaandersonloancompany@gmail.com Whatsapp: +19147057484 untuk pinjaman dan setelah mengikuti kebijakan perusahaan , pinjaman saya disetujui dan diproses dengan benar dan dalam waktu kurang dari 2 jam saya menerima Rp350 juta di rekening bank saya. jadi saya mendorong sesama orang Indonesia dan Asia yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi ibu RIKA ANDERSON LOAN COMPANY melalui email: rikaandersonloancompany@gmail.com dan Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: merpatidarma@gmail.com untuk informasi lebih lanjut.
    rikaandersonloancompany@gmail.com

    ReplyDelete
  14. CEO. Rika Anderson Loan Company
    Perusahaan Whatsapp +19147057484
    Email Perusahaan: rikaandersonloancompany@gmail.com

    Nama saya Farah Agungs dari Jakarta. Saya menggunakan media ini untuk memberikan kesaksian atas hasil kerja yang baik dari RIKA ANDERSON LOAN COMPANY dalam hidup saya. Poin terakhir saya untuk mengucapkan selamat tinggal pada pencarian pinjaman adalah bahwa ketika Tuhan mengirim saya makanan untuk bisnis dan mata pencaharian saya sampai hari ini.

    Saya melihat seseorang yang memberikan kesaksian tentang kredit di Facebook dan saya melamar, Miss Rika Anderson: W / A 19147057484 memberi saya pinjaman Rp150.000.000 dan mentransfernya langsung ke rekening bank BRI saya baru-baru ini. Saya hanya bisa memberikan kesaksian online karena saya tahu ada banyak orang di luar sana yang sangat membutuhkan, dan dengan suku bunga rendah.

    Jangan buang waktu lagi untuk membayar hutang dan tagihan Anda dengan bantuan perusahaan pinjaman, Ny. Rika Anderson. Anda dapat bergabung dengan ibu melalui rikaandersonloancompany@gmail.com, dia adalah ibu yang baik dan berbudi luhur, jadi jangan takut untuk bertemu dengannya untuk meminta bantuan. Jika Anda memiliki keraguan atau ketakutan, Anda dapat menghubungi saya melalui farahagungs@gmail.com.

    Testifier: farah agungs
    Addres: Jakarta Indonesia
    farahagungs@gmail.com
    BRI: 1460-01-337001-855
    Pinjaman: Rp150.000.000
    Hubungi: +628246924547

    ReplyDelete
  15. Nama saya Reni Alida, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati, karena ada penipuan dan perusahaan pinjaman palsu di mana-mana, mereka akan mengirimkan dokumen perjanjian pinjaman palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah penipuan, karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya ditipu oleh beberapa perusahaan pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Elizebeth Isaac Loan Company, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp.600.000,00 (600 ribu) dalam waktu kurang dari 24 jam dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, jangan ragu-ragu, silakan hubungi dia melalui email nyata: Elizebethisaacloancompany@gmail.com dan dengan rahmat Tuhan dia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi syarat dan ketentuannya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: renialida@gmail.com. Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening mereka setiap bulan.

    ReplyDelete
  16. Nama saya Reni Alida, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati, karena ada penipuan dan perusahaan pinjaman palsu di mana-mana, mereka akan mengirimkan dokumen perjanjian pinjaman palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah penipuan, karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya ditipu oleh beberapa perusahaan pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Elizebeth Isaac Loan Company, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp.600.000,00 (600 ribu) dalam waktu kurang dari 24 jam dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, jangan ragu-ragu, silakan hubungi dia melalui email nyata: Elizebethisaacloancompany@gmail.com dan dengan rahmat Tuhan dia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi syarat dan ketentuannya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: renialida@gmail.com. Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening mereka setiap bulan.

    ReplyDelete
  17. KESAKSIAN: Amalia Amangkurat
    NEGARA: Kuala Lumpur, Malaysia
    PINJAMAN PINJAMAN: $ 50.000
    Akun AmBank: 133-0773-2016-10
    amaliaamangkurat@gmail.com

    PERUSAHAAN PINJAMAN: RIKA ANDERSON LOAN COMPANY
    email: rikaandersonloancompany@gmail.com
    Hubungi / Whatsapp: +19147057484

    Nama saya Ny. Amalia Amangkurat, saya seorang janda dan saya kehilangan suami saya 4 tahun yang lalu dan saya mengasuh anak-anak, sekarang saya menghasilkan uang untuk membayar sewa dan hutang tetapi saya tidak punya uang untuk membayar.
     
    Baru-baru ini, saya melihat kesaksian online tentang seorang teman yang mendapat pinjaman tanpa jaminan dari RIKA ANDERSON LOAN COMPANY. Saya mencari tahu dan saya diberitahu bahwa dia adalah ibu yang jujur, jadi saya mengajukan pinjaman $ 50.000 jadi setelah proses pinjaman, pinjaman saya dipindahkan ke rekening bank saya dan hari ini, saya punya toko yang saya jalankan bisnis saya dan hari ini Saya telah melunasi hutang saya dan semua tagihan saya.

    Terima kasih kepada RIKA ANDERSON LOAN COMPANY, pemberi pinjaman yang baik dan jujur, jadi saya berjanji untuk bersaksi dan membagikan kabar baik saya juga. Jika Anda memiliki keraguan atau ketakutan, Anda selalu dapat menghubungi.

    ReplyDelete
  18. KESAKSIAN: Amalia Amangkurat
    NEGARA: Kuala Lumpur, Malaysia
    PINJAMAN PINJAMAN: $ 50.000
    Akun AmBank: 133-0773-2016-10
    amaliaamangkurat@gmail.com

    PERUSAHAAN PINJAMAN: RIKA ANDERSON LOAN COMPANY
    email: rikaandersonloancompany@gmail.com
    Hubungi / Whatsapp: +19147057484

    Nama saya Ny. Amalia Amangkurat, saya seorang janda dan saya kehilangan suami saya 4 tahun yang lalu dan saya mengasuh anak-anak, sekarang saya menghasilkan uang untuk membayar sewa dan hutang tetapi saya tidak punya uang untuk membayar.
     
    Baru-baru ini, saya melihat kesaksian online tentang seorang teman yang mendapat pinjaman tanpa jaminan dari RIKA ANDERSON LOAN COMPANY. Saya mencari tahu dan saya diberitahu bahwa dia adalah ibu yang jujur, jadi saya mengajukan pinjaman $ 50.000 jadi setelah proses pinjaman, pinjaman saya dipindahkan ke rekening bank saya dan hari ini, saya punya toko yang saya jalankan bisnis saya dan hari ini Saya telah melunasi hutang saya dan semua tagihan saya.

    Terima kasih kepada RIKA ANDERSON LOAN COMPANY, pemberi pinjaman yang baik dan jujur, jadi saya berjanji untuk bersaksi dan membagikan kabar baik saya juga. Jika Anda memiliki keraguan atau ketakutan, Anda selalu dapat menghubungi.

    ReplyDelete
  19. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Dian Pelangi dari Jakarta di Indonesia, saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua orang agar berhati-hati mendapatkan pinjaman di internet, jadi banyak pemberi pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. menipu Anda dengan uang hasil jerih payah Anda, saya mengajukan pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya Tentang menabrak karena hutang.

    Sebagai pencarian saya untuk perusahaan pinjaman pribadi yang andal, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaan itu adalah PERUSAHAAN PINJAMAN DUNIA. Saya kehilangan 15 juta bersama mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya usulkan.

    Ya Tuhan, teman-teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman itu, memperkenalkan saya ke sebuah perusahaan yang dapat dipercaya di mana Mrs. Christabel bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, Dan setelah itu mereka selesai memverifikasi perincian saya, pinjaman itu disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya lelucon, dan mungkin ini adalah salah satu tindakan curang yang membuat saya kehilangan uang, tetapi saya terpana. Ketika saya mendapatkan pinjaman saya dalam waktu kurang dari 6 jam dengan suku bunga rendah 1% tanpa jaminan.

    Saya sangat senang bahwa ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat dari membuat bisnis saya melonjak di udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya. tahu tentang perusahaan fashion.

    Jadi saya menyarankan semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk menghubungi
    ibu christabel melalui email: (christabelloancompany@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (lianmeylady@gmail.com) dan Sety memperkenalkan dan berbicara tentang christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui emailnya: permatabudiwati@gmail.com Sekarang, semua Yang akan saya lakukan adalah berusaha memenuhi pembayaran pinjaman yang saya kirimkan langsung ke akun mereka setiap bulan.

    Sepatah kata untuk orang bijak sudah cukup


    Terima kasih sekali lagi untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kami dan memberi kami umur panjang dan kehidupan yang makmur dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan baik yang sama dalam hidup Anda.

    ReplyDelete
  20. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Dian Pelangi dari Jakarta di Indonesia, saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua orang agar berhati-hati mendapatkan pinjaman di internet, jadi banyak pemberi pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. menipu Anda dengan uang hasil jerih payah Anda, saya mengajukan pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya Tentang menabrak karena hutang.

    Sebagai pencarian saya untuk perusahaan pinjaman pribadi yang andal, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaan itu adalah PERUSAHAAN PINJAMAN DUNIA. Saya kehilangan 15 juta bersama mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya usulkan.

    Ya Tuhan, teman-teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman itu, memperkenalkan saya ke sebuah perusahaan yang dapat dipercaya di mana Mrs. Christabel bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, Dan setelah itu mereka selesai memverifikasi perincian saya, pinjaman itu disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya lelucon, dan mungkin ini adalah salah satu tindakan curang yang membuat saya kehilangan uang, tetapi saya terpana. Ketika saya mendapatkan pinjaman saya dalam waktu kurang dari 6 jam dengan suku bunga rendah 1% tanpa jaminan.

    Saya sangat senang bahwa ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat dari membuat bisnis saya melonjak di udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya. tahu tentang perusahaan fashion.

    Jadi saya menyarankan semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk menghubungi
    ibu christabel melalui email: (christabelloancompany@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (lianmeylady@gmail.com) dan Sety memperkenalkan dan berbicara tentang christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui emailnya: permatabudiwati@gmail.com Sekarang, semua Yang akan saya lakukan adalah berusaha memenuhi pembayaran pinjaman yang saya kirimkan langsung ke akun mereka setiap bulan.

    Sepatah kata untuk orang bijak sudah cukup


    Terima kasih sekali lagi untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kami dan memberi kami umur panjang dan kehidupan yang makmur dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan baik yang sama dalam hidup Anda.

    ReplyDelete
  21. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Dian Pelangi dari Jakarta di Indonesia, saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua orang agar berhati-hati mendapatkan pinjaman di internet, jadi banyak pemberi pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. menipu Anda dengan uang hasil jerih payah Anda, saya mengajukan pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya Tentang menabrak karena hutang.

    Sebagai pencarian saya untuk perusahaan pinjaman pribadi yang andal, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaan itu adalah PERUSAHAAN PINJAMAN DUNIA. Saya kehilangan 15 juta bersama mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya usulkan.

    Ya Tuhan, teman-teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman itu, memperkenalkan saya ke sebuah perusahaan yang dapat dipercaya di mana Mrs. Christabel bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, Dan setelah itu mereka selesai memverifikasi perincian saya, pinjaman itu disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya lelucon, dan mungkin ini adalah salah satu tindakan curang yang membuat saya kehilangan uang, tetapi saya terpana. Ketika saya mendapatkan pinjaman saya dalam waktu kurang dari 6 jam dengan suku bunga rendah 1% tanpa jaminan.

    Saya sangat senang bahwa ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat dari membuat bisnis saya melonjak di udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya. tahu tentang perusahaan fashion.

    Jadi saya menyarankan semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk menghubungi
    ibu christabel melalui email: (christabelloancompany@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (lianmeylady@gmail.com) dan Sety memperkenalkan dan berbicara tentang christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui emailnya: permatabudiwati@gmail.com Sekarang, semua Yang akan saya lakukan adalah berusaha memenuhi pembayaran pinjaman yang saya kirimkan langsung ke akun mereka setiap bulan.

    Sepatah kata untuk orang bijak sudah cukup


    Terima kasih sekali lagi untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kami dan memberi kami umur panjang dan kehidupan yang makmur dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan baik yang sama dalam hidup Anda.

    ReplyDelete
  22. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya
    pinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama
    bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan
    saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua
    menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah
    yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan
    belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca
    smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan
    keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan
    harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan
    pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya
    telah diselesaikan, sekarang saya ) memiliki nilai yang sangat besar dan
    usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk
    diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan
    hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(
    francasmithloancompany@gmail.com

    ReplyDelete
  23. Halo,
    nama saya Siti Aminah dari Indonesia, tolong saya sarankan semua orang di sini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak pemberi pinjaman pinjaman palsu di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah ditipu oleh 4 pemberi pinjaman yang berbeda, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang karena hutang.

    Saya hampir menyerah sampai saya meminta saran dari seorang teman yang memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman asli dan perusahaan yang sangat dapat diandalkan yaitu Bunda Alicia Radu yang mendapatkan pinjaman saya dari 800 juta rupiah Indonesia dalam waktu kurang dari 24 jam Tanpa tekanan dan tekanan suku bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut ketika memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan sehingga saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dari Bunda Alicia Radu

    Saya ingin Anda mempercayai Bunda Alicia Radu dengan sepenuh hati karena ia sangat membantu dalam hidup saya dan kehidupan finansial saya. Anda harus menganggap diri Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (sitiaminah6749@gmail.com) jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapat pinjaman dari Ibu Alicia Radu, Anda sangat bebas untuk menghubungi saya dan saya akan dengan senang hati menjawab Anda karena Anda juga dapat membantu orang lain setelah Anda menerima pinjaman Anda.

    ReplyDelete
  24. CEO PERUSAHAAN PINJAMAN ALEXANDER GRACE
    Email PERUSAHAAN: gracealexanderloancompany@gmail.com
    Penguji: Ny.Yung kun Eugene
    Alamat: Bangka Belitung, Indonesia
    Hibah Pinjaman: Rp. 100.000.000
    Bank Central Indonesia
    Penguji email: yungkuneugene@gmail.com

    Saya Ny. Yung kun Eugene dari Bangka Belitung, ini email saya jika Anda ingin menghubungi saya: yungkuneugene@gmail.com. Saya ingin membagikan kesaksian saya di platform ini tentang bagaimana saya mendapat pinjaman modal ventura sebesar Rp. 100.000.000 dari pemberi pinjaman yang sah. Saya selalu gagal dan saya bahkan scam sampai saya melihat kesaksian Ibu Rahma Henny di platform ini tentang bagaimana dia mendapatkan pinjaman dari GRACE ALEXANDER LOAN COMPANY.

    Saya menghubungi CEO, Ms. Grace Alexander, minggu lalu, saya mengajukan pinjaman dari Mother Grace dan saya terkejut, pinjaman saya disetujui dan setelah 2 jam aplikasi saya, jumlah 100 juta ditransfer ke rekening bank BCA saya. Saya ingin menyarankan semua orang untuk menghubungi perusahaan pinjaman PERUSAHAAN GRACE ALEXANDER LOAN yang sah.

    ReplyDelete
  25. CEO PERUSAHAAN PINJAMAN ALEXANDER GRACE
    Email PERUSAHAAN: gracealexanderloancompany@gmail.com
    Penguji: Ny.Yung kun Eugene
    Alamat: Bangka Belitung, Indonesia
    Hibah Pinjaman: Rp. 100.000.000
    Bank Central Indonesia
    Penguji email: yungkuneugene@gmail.com

    Saya Ny. Yung kun Eugene dari Bangka Belitung, ini email saya jika Anda ingin menghubungi saya: yungkuneugene@gmail.com. Saya ingin membagikan kesaksian saya di platform ini tentang bagaimana saya mendapat pinjaman modal ventura sebesar Rp. 100.000.000 dari pemberi pinjaman yang sah. Saya selalu gagal dan saya bahkan scam sampai saya melihat kesaksian Ibu Rahma Henny di platform ini tentang bagaimana dia mendapatkan pinjaman dari GRACE ALEXANDER LOAN COMPANY.

    Saya menghubungi CEO, Ms. Grace Alexander, minggu lalu, saya mengajukan pinjaman dari Mother Grace dan saya terkejut, pinjaman saya disetujui dan setelah 2 jam aplikasi saya, jumlah 100 juta ditransfer ke rekening bank BCA saya. Saya ingin menyarankan semua orang untuk menghubungi perusahaan pinjaman PERUSAHAAN GRACE ALEXANDER LOAN yang sah.

    ReplyDelete
  26. KABAR BAIK !!! KABAR BAIK !!! KABAR BAIK!!!

    Halo semua, nama saya Mrs. Arya Theresia, saya dari Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman dari MRS CHRISTY MORRIS LOAN FIRM karena begitu banyak pemberi pinjaman kredit palsu di sini di internet dan juga untuk memberi tahu Anda bahwa saya adalah korban penipu internet berkali-kali, jadi saya tidak kehilangan harapan sampai saya dirujuk oleh seorang teman ke pemberi pinjaman terpercaya bernama MRS. CHRISTY MORRIS yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp850.000,0000 dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan, saya sarankan CHRISTY MORRIS LOAN FIRM adalah yang terbaik dan saya berdoa Tuhan akan memberkati mereka dan menjaga bisnis mereka maju, Amin

    Jika Anda memerlukan bantuan tentang cara mendapatkan pinjaman, Anda dapat menghubungi saya melalui email: (aryatheresia750@gmail.com)

    Anda dapat menghubungi perusahaan secara langsung dengan pinjaman mereka
    Email: (christymorrisloanfirm@gmail.com)
    Terima kasih
    Arya Theresia

    ReplyDelete
  27. Nama saya Novita Karina, dari Malayisa, Ini bagaimana mendapatkan pinjaman saya kemarin Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Ibu Dian Pelangi karena membantu saya mendapatkan pinjaman yang baik setelah saya banyak menderita di tangan pemberi pinjaman online palsu yang menipu saya untuk mendapatkan uang tanpa menawarkan pinjaman kepada saya, saya perlu pinjaman selama 4 tahun terakhir untuk memulai bisnis saya sendiri di Malayisa tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di Turki dan Nigeria yang telah menipu saya dan tidak menawari saya pinjaman. dan saya sangat frustrasi karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di Turki dan Nigeria, karena saya berutang kepada bank saya dan teman-teman saya dan saya tidak punya seorangpun untuk menjalankan, sampai suatu hari dengan setia bahwa seorang teman saya yang bernama Dian Pelangi juga kenal sebagai nyonya lianmey setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari Bunda Christabel Missan, jadi saya harus menghubungi Dian Pelangi dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi Bunda Christabel Missan bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya harus mengumpulkan keberanian dan saya menghubungi Bunda Christabel Missan dan saya terkejut dengan pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 3 jam pinjaman dari (900) juta ditransfer ke akun saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah mukjizat dan saya harus bersaksi tentang karya baik Bunda Christabel Missan

    Saya akan menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Ms. Christabel Missan email: (christabelloancompany@gmail.com) dan saya jamin
    Anda juga dapat menghubungi kontak nomor whatsapp ibu +1(561)491-6019

    bahwa Anda akan bersaksi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Bunda Novita Karina email saya: (novitakarinafg@gmail.com) dan Anda masih dapat menghubungi Dian Pelangi yang memperkenalkan saya kepada Ms. Christabel Missan melalui email: ( lianmeylady@gmail.com)
    semoga Tuhan terus memberkati dan mencintai ibu Christabel Missan untuk mengubah kehidupan finansial saya

    ReplyDelete
  28. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    ReplyDelete

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Bila menemukan komentar bermuatan menghina atau spam, berikan jempol bawah, tanda Anda tak menyukai muatan komentar itu. Komentar yang baik, berikan jempol atas.

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.