sponsor

Select Menu

Data

OPINI

HUKUM

PENDIDIKAN

HOME » » Editorial Edisi 1: Media Massa Adalah Sekolah Kami Juga


Unknown 06:01 0

Editorial Edisi 1: Media Massa Adalah Sekolah Kami Juga
Media Massa adalah sekolah
Salam migran,
Media (massa) bagi serikat buruh memiliki dua fungsi yakni sebagai media pendidikan untuk anggotanya yang dilangsungkan secara terus-menerus. Informasi disalur-sebarkan secara intensif hingga ke tingkat ranting paling bawah untuk bersolidaritas. Media serikat buruh adalah "sekolah" bagi anggotanya untuk mendapatkan informasi tentang organisasi dan memamah pengetahuan umum.

Selain berguna ke dalam, media buruh itu juga bisa digunakan untuk agitasi dan propaganda berkaitan dengan arah perjuangan organisasi. Media adalah gelanggang yang mampu menyerang dan menguliti sedemikian rupa kelemahan kebijakan penguasa, pemodal, majikan dan orang-orang yang mengusungnya.

Demikianlah Koran Migran ini akhirnya terbit juga ditengah keterbatasan SBMI. 

Perjuangan buruh migran harus terus dihidupkan, bertarung dengan hiruk-pikuk kontradiksi arah juangnya sendiri. Fungsi utamanya adalah membangun kesadaran kaum buruh dan rakyat atas kepentingan mendasarnya. Oleh karena itu media massa alternatif ini harus mampu menganalisa kondisi buruh migran, memberikan arahan apa yang harus dilakukan dan terutama menjadi alat untuk mengorganisasikan dan mengkonsolidasikan kekuatan sadar dari kaum buruh migran dan anggota keluarganya.

Tidak ada yang harus dibatasi dalam daya juangnya, karena media ini merupakan corong bagi perjuangan kami. Media ini akan terus menerus mengekspos cara-cara rezim penguasa dan para pemilik modal yang terus-terusan menipu ataupun membangun pencitraan bahwa kesejahteraan telah dihasilkan di mana-mana sementara kebijakan pengiriman buruh ke luar negeri ini yang sejatinya tidak lain dari krisis pembangunan dalam menyediakan lapangan pekerjaan dan politik upah murah sementara disisi lain tidak ada jaminan menjadi pekerja permanen bagi buruh.

Media alternatif ini harus tetap independen, karena itulah kerinduan akan hadirnya media ini harus dipertahankan bagi perjuangan itu sendiri. Media cetak ini akan membuat SBMI sangat bergelora untuk terus belajar dan berjuang membangun dirinya. Membuat anggota SBMI lebih dapat mengenal organisasinya dengan baik, menciptakan semangat perjuangan bersama dan berkesinambungan. Terutama untuk anggota yang berkesulitan menghadiri berbagai pertemuan dikarenakan masalah transportasi, kendaraan, biaya dan letaknya yang berjauhan. Koran Migran ini juga kami hadirkan untuk menunjukkan bahwa SBMI adalah serikat buruh yang maju, cerdas dan berkualitas. Melalui koran ini Dewan Pengurus Nasional SBMI berharap semua permasalahan, kemajuan dan keberhasilan serikat buruh dapat dikomunikasikan lebih baik dan berkesinambungan. Semoga kita bisa terus bersama untuk maju dalam semangat berlawan bersama untuk membangun tatanan masyarakat baru yang berdasarkan atas keadilan, solidaritas, perdamaian, demokrasi dan kesejahteraan.

Hidup Buruh Migran yang Berlawan!
Redaksi Koran Migran

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Bila menemukan komentar bermuatan menghina atau spam, berikan jempol bawah, tanda Anda tak menyukai muatan komentar itu. Komentar yang baik, berikan jempol atas.

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.