sponsor

Select Menu

Data

OPINI

HUKUM

PENDIDIKAN

HOME » » Skandal Asuransi TKI Rp 760 M Harus Dibongkar


Unknown 15:30 7

Korban Asuransi
SBMI, JAKARTA - Di negara ini memang banyak calo, tengkulak, preman maupun ‘bajingan’ yang nakal merampok hak orang lain. Bahkan, para ‘penjahat’ itu menjadikan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) sebagai korbannya yakni, asuransi TKI senilai Rp 760 miliar tidak jelas nasibnya, diduga dimainkan oleh sejumlah oknum konsorsium asuransi yang tidak bertanggung jawab.


Sejak program asuransi TKI berjalan tahun 2006 hingga 2008 terdapat 1,6 juta orang TKI yang sudah membayar premi, dan masing-masing TKI membayar polis asuransi sebesar Rp 400 ribu, sehingga bila dihitung keseluruhan sudah ada pembayaran polis asuransi TKI sebesar Rp 640 milyar yang sudah diterima sejumlah konsorsium asuransi.

Untuk tahun 2009 sudah terdapat 300 orang TKI yang membayar polis asuransi, masing-masing sebesar Rp 400 ribu, atau keseluruhannya mencapai Rp120 miliar. “Jadi, kalau ditotal semuanya sudah ada 1,9 juta orang TKI yang telah membayar polis asuransi sebesar Rp 760 miliar,” ungkap mantan aktivis ITB Jumhur Hidayat yang kini menjadi Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI) memaparkan hasil investigasinya.

Oleh karena itu, Jumhur Hidayat berharap kabinet mendatang diisi oleh menteri yang kredibel dan paham masalah ketenagakerjaan. Klaim asuransi TKI yang menguap sudah merupakan skandal yang harus dibongkar dan menjadi pekerjaan rumah kabinet Presiden SBY mendatang. “Skandal ini harus dibongkar aparat,” seru Jumhur saat berdialog dengan puluhan mantan TKI bermasalah di Kabupaten Blitar, Jumat, dalam rangkaian Safari Ramadhan BNP2TKI.

Jumhur dengan geram mengungkapkan bahwa masalah klaim asuransi yang menjadi skandal tersebut di luar kewenangannya alias bukan kewenangan BNP2TKI, melainkan tugas Departemen lain. Ia pun menduga ada skandal di balik pembiaran terhadap klaim asuransi TKI. “Nilainya, ratusan milyar rupiah sehingga sangat merugikan TKI karena klaim itu tidak bayarkan,” beber Jumhur yang juga aktivis gerakan buruh yang menjadi Ketua Umum Gabungan Serikat Pekerja Merdeka Indonesia (Gaspermindo) ini.

Berdasar informasi, sejumlah konsorsium perusahaan asuransi yang melayani asuransi TKI adalah Mitra Sejahtera, Jasindo, Grasia Media Utama, Dhaman Syamil, Paladin, Tripuri, dan JAS. “Tetapi klaim asuransi yang dibayarkan untuk TKI bermasalah baru 10 persen. Ke mana yang lain?” papar Kepala BNP2TKI mempertanyakan.

Akibat susahnya klaim asuransi TKI, membuat ratusan mantan TKI dari Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) beberapa waktu lalu berunjuk rasa ke Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Depnakertrans) untuk menuntut pencairan klaim asuransi yang belum terbayarkan. Namun, Jumhur optimistis dalam kabinet mendatang peraturan asuransi lebih berpihak pada TKI sehingga jaminan perlindungan kepada TKI akan semakin membaik.

Dalam kesempatan itu Kepala BNP2TKI memberi santunan kepada 23 mantan TKI, masing-masing sebesar lima juta rupiah. Mereka menjadi TKI bermasalah karena mendapat kekerasan dari majikan atau mengalami kecelakaan kerja.

Tiga orang mantan TKI Purna bermasalah mewakili pemberian santunan masing-masing, Siti Fatihah (mantan TKI Hongkong yang disiram air raksa), Sumasri (mantan TKI disiram air panas di Malaysia), dan Yapto Widodo (mantan TKI Taiwan yang terpotong jari tangan kanannya sewaktu bekerja di pabrik). Sementara, dalam kesempatan dialog dengan para TKI di Tulungagung, Jumhur Hidayat menghimbau kepada keluarga korban TKI meninggal dunia, Indri Mulyani agar terus menuntut keadilan sampai tuntas. “Saya mendukung agar keadilan bisa ditegakkan,” kata Kepala BNP2TKI saat menjawab pertanyaan Nurdin, keluarga koran TKI meninggal dunia di Saudi Arabia.

Menurut Jumhur, hukum di Saudi Arabia sangat keras terhadap jsesorang yang membunuh. Jika terbukti membunuh, majikannya bisa dihukum pancung. Tapi kalau pihak keluarga mau memaafkan, mereka harus membayar mahal nyawa almarhumah.

“Keluarga korban berhak meminta setinggi-tingginya. Minimal Rp. 500 juta,” ungkap Jumhur seraya menambahkan dari asuransi dalam negeri, Indri bisa mendapat Rp 45 juta.

Sebelumnya, Indri diberangkatkan oleh Kantor Cabang PT Kemuning di Tulungagung. Belum sempat satu bulan bekerja, Indra dikabarkan sudah meninggal dunia pada 17 Agustus lalu. Nurdin, keluarga yang mewakilinya mengatakan bahwa menurut penuturan kawannya Indri di Arab Saudi, dia meninggal dunia secara tak wajar. “Persisnya, kami masih menunggu jenazah dipulangkan dan melihat visumnya nanti,” ungkap Nurdin.


Janji Pinjami Modal
Pada hari yang sama, Jumhur disela-sela pertemuan dengan TKI purna bermasalah di Blitar, Jumhur Hidayat menyatakan akan memberikan pinjaman modal kepada para TKI purna, khususnya bagi mereka yang mengalami masalah saat bekerja di luar negeri. Nantinya peminjaman ini akan dilakukan melalui perbankan, dan tentunya dengan ketentuan-ketentuan yang jauh lebih mudah dan meringankan sipeminjam itu sendiri. “Program ini telah masuk dalam Rencana Program Jangka Menengah (RPJM) dan Rencana Program Jangka Panjang (RPJP) BNP2TKI pada 2010-2014 mendatang,” kata Kepala BNP2TKI.

Menurutnya, untuk kemudahan persyaratan bagi para TKI purna bermasalah dalam mengajukan pinjaman hingga saat ini pihak BNP2TKI masih terus melakukan koordinasi dengan perbankan mengenai bentuk teknis administrasi pengajuan pinjaman tersebut. Adapun yang bisa dipastikan kata Jumhur, pinjaman yan diajukan haruslah diperuntukan bagi pembuatan usaha. “Jadi pemberdayaan bagi TKI purna ini berjalan dengan baik. Dampak lain yang ditimbulkan nantinya, kondisi ini juga bisa memacu berkembangnya perekonomian di lingkungan sekitar mereka,” jelasnya.

Jumhur mengungkapkan, banyak contoh para TKI purna yang sukses membuka wirausahanya di kampung mereka. Seperti pembatan rempeyek di Bantul, Yogyakarta, bengkel motor di Indramayu, Jawa Barat, bahkan sampai mereka membuat Perusahaan Jasa TKI (PJTKI) sendiri. “Jadi dengan cotoh-contoh tersebut, banyak perbankan yang mau meminjamkan dananya kepada mereka. Untuk itu janganlah terlalu bersikap pesimis untuk mengajukan pinjaman ke bank,” sarannya.

Ia menambahkan, untuk menekan angka kasus penganiayaan dan pelecehan TKI yang di luar negeri, dalam RPJP dan RPJM BNP2TKI sedang mengupayakan agar nantinya para TKI khususnya informal, tidak tinggal serumah agi dengan majikannya, melainkan disediakan tempat tinggal terpisah dalam bentuk mess pekerja. “Jadi TKI tidak kerja dan tinggal 24 jam penuh di rumah majikannya. Jika pada waktu pagi mereka sudah mulai bekerja, maka majikan menjemputnya dari mess demikian juga saat jam kerja telah usai, si majikan juga harus kembali mengantarkan mereka ke mess,” ungkapnya pula.

Dengan demikian, lanjut dia, di sinilah waktu dimulainya dimana majikan yang selama ini mengambil keuntungan dari TKI secara paksa nanti tidak bisa dilakukan lagi. “Ini bentuk kemerdekaan bagi para TKI yang terus diupayakan oleh pemerintah. Semoga dalam kurun waktu satu atau dua tahun ke depan, program seperti ini sudah bisa dijalankan,” harap Jumhur. 

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

7 komentar Skandal Asuransi TKI Rp 760 M Harus Dibongkar

  1. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    ReplyDelete
  2. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    ReplyDelete
  3. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan ingin seperti saya.. Perkenalkan nama saya abdul rochman junaidy umur 38 tahun Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa Tumbal yaitu uang gaib karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar 785 juta saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa melunasi hutang saya. Secara tidak sengajah sewaktu saya buka-buka internet saya menemukan salah satu situs abah duihantoro saya baca semua isi situs beliau akhirnya saya tertarik untuk meminta bantuan kepada abah duihantoro. Awalnya sih memang saya ragu dan tidak percaya tapi selama beberapa hari saya berpikir, akhirnya saya memberanikan diri menghubungi abah duihantoro di nomer 085298463149 singkat cerita alhamdulillah beliau sanggup membantu saya melalui pesugihan uang gaib sebesar 2 milyard dan pada saat itulah saya sangat pusing memikirkan bagaimana cara saya berusaha agar bisa memenuhi persyaratan yg abah sampaikan sedangkan saya tidak punya uang sama sekali. Akhirnya saya keliling mencari pinjaman alhamdulillah ada salah satu teman saya yg mau meminjamkan uangnya akhirnya saya bisa memenuhi
    syarat yg abah duihantoro sampaikan.. singkat cerita selama 3 hari saya sudah memenuhi syaratnya saya dapat telpon dari abah untuk cek saldo rekening saya,, saya hampir pingsan melihat saldo rekening saya sebesar 2M 150 ribu rupiah. Singkat cerita bagi saudara(i) dimanapun anda berada jika anda menemukan pesan saya ini dan anda sudah berhasil mohon untuk di sebarkan agar saudara(i) kita yg diluar sana yg sedang dalam himpitan hutang atau ekonomi semua bisa bebas.. Jika saudara(i) ingin seperti saya silahkan konsultasi atau hubungi abah duihantoro di 085298463149 / whatsapp +6285298463149 sosok beliau sagat baik dan peramah dan sagat antusias membantu orang susah. Demi allah demi tuhan inilah kisah nyata saya abdul rochman junaidy semoga dengan adanya pesan singkat ini bisa bermanfaat sekian dan terima kasih...






    ReplyDelete
  4. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan ingin seperti saya.. Perkenalkan nama saya abdul rochman junaidy umur 38 tahun Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa Tumbal yaitu uang gaib karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar 785 juta saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa melunasi hutang saya. Secara tidak sengajah sewaktu saya buka-buka internet saya menemukan salah satu situs abah duihantoro saya baca semua isi situs beliau akhirnya saya tertarik untuk meminta bantuan kepada abah duihantoro. Awalnya sih memang saya ragu dan tidak percaya tapi selama beberapa hari saya berpikir, akhirnya saya memberanikan diri menghubungi abah duihantoro di nomer 085298463149 singkat cerita alhamdulillah beliau sanggup membantu saya melalui pesugihan uang gaib sebesar 2 milyard dan pada saat itulah saya sangat pusing memikirkan bagaimana cara saya berusaha agar bisa memenuhi persyaratan yg abah sampaikan sedangkan saya tidak punya uang sama sekali. Akhirnya saya keliling mencari pinjaman alhamdulillah ada salah satu teman saya yg mau meminjamkan uangnya akhirnya saya bisa memenuhi
    syarat yg abah duihantoro sampaikan.. singkat cerita selama 3 hari saya sudah memenuhi syaratnya saya dapat telpon dari abah untuk cek saldo rekening saya,, saya hampir pingsan melihat saldo rekening saya sebesar 2M 150 ribu rupiah. Singkat cerita bagi saudara(i) dimanapun anda berada jika anda menemukan pesan saya ini dan anda sudah berhasil mohon untuk di sebarkan agar saudara(i) kita yg diluar sana yg sedang dalam himpitan hutang atau ekonomi semua bisa bebas.. Jika saudara(i) ingin seperti saya silahkan konsultasi atau hubungi abah duihantoro di 085298463149 / whatsapp +6285298463149 sosok beliau sagat baik dan peramah dan sagat antusias membantu orang susah. Demi allah demi tuhan inilah kisah nyata saya abdul rochman junaidy semoga dengan adanya pesan singkat ini bisa bermanfaat sekian dan terima kasih...






    ReplyDelete
  5. Kami menawarkan berbagai layanan keuangan yang meliputi: Perencanaan Bisnis, Komersial dan Pengembangan Keuangan, Properti dan Hipotek, Pinjaman Konsolidasi Utang, Pinjaman Bisnis, Pinjaman Swasta, Pinjaman Pembiayaan Rumah dengan suku bunga rendah per tahun untuk perorangan, perusahaan dan badan hukum. Dapatkan yang terbaik untuk keluarga Anda dan miliki rumah impian Anda juga dengan skema Pinjaman Umum kami. Pelamar yang tertarik harus Hubungi kami melalui BBM INVITE: {D8980E0B}
    Hanya WhatsApp: (+ 44) 7480 729811
    Tel .... (+ 44) 7480 729811
    Email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

    ReplyDelete
  6. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    ReplyDelete
  7. saudara-saudara

    Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan asulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku
    Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karenaa dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membi/aayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
    Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima monney di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman
    Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya

    ONE BILLION RISING FUND (onebillionrisingfund@gmail.com)
    BBM: D8E814FC

    Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
    Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
    Gmail saya adalah

    Ratu Efendi Lisa
    efendiqueenlisa@gmail.com

    ReplyDelete

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Bila menemukan komentar bermuatan menghina atau spam, berikan jempol bawah, tanda Anda tak menyukai muatan komentar itu. Komentar yang baik, berikan jempol atas.

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.