sponsor

Select Menu

Data

OPINI

HUKUM

PENDIDIKAN

HOME » » Pemulangan TKI, Kemenakertrans Ajak BNP2TKI


Unknown 15:48 0

KORANMIGRANJAKARTA - Dirjen Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja (Binapenta) Kemenakertrans, Reyna Usman membantah anggapan bahwa pihaknya tidak melibatkan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI) terkait pembahasan pemulangan TKI mandiri. Menurutnya, koordinasi sudah dilakukan sejak awal pembahasan rencana pemulangan TKI mandiri.


Pernyataannya Reyna ini menjawab adanya selentingan tudingan bahwa Kemenakertrans melanggar nota kesephaman antara BNP2TKI dengan Badan Pendataan Kepulangan (BPK) TKI Terminal Selapajang.

Tidak benar jika ini dikatakan keputusan (Kemenakertrans) sepihak. Pemulangan TKI mandiri ini sudah dibahas sejak tiga bulan yang lalu dan berkoordinasi dengan seluruh pihak kementerian dan lembaga terkait termasuk BNP2TKI. Koordinasi ini sudah dilakukan berkali-kali, tegas Reyna kepada JPNN ketika dihubungi melalui telepon selularnya, Jakarta, Kamis (13/12).

Reyna menyebutkan, bukti bahwa adanya koordinasi dengan pihak kementerian dan lembaga yang terkait dengan pemulangan TKI mandiri, adalah penyusunan Standard Operating Prosedur (SOP). Tidak mungkin Kemenakertrans menyusun SOP sendiri. Tentu ini dengan mengajak pihak-pihak terkait lainnya, tukasnya.

Selain adanya SOP tersebut, lanjut Reyna, juga ada Permenakertrans No.16 tahun 2012 tentang Tata Cara Kepulangan TKI dari Negara Penempatan Secara Mandiri ke Daerah Asal. Aturan tersebut menerangkan, BNP2TKI ikut berperan melakukan pencatatan TKI yang tiba di tanah air.

Ryna mengakui jika BNP2TKI sudah membuat MoU dengan Badan Pendataan Kepulangan (BPK) TKI Selapajang. Hanya saja kata dia, bahwa khusus untuk masalah pemulangan TKI mandiri ini bukan lagi otoritas BNP2TKI.

Ya memang benar bahwa BNPTKI sudah membuat MoU mengenai pemulangan TKI. Tapi, khusus masalah pemulangan TKI mandiri yang akan berlangsung akhir bulan ini bukan lagi otoritasnya BNP2TKI. Prinsip utamanya kan sudah jelas, pemerintah tidak mau ada diskriminasi antara TKI dengan penumpang biasa. Semuanya akan diperlakukan sama, tuturnya.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Bila menemukan komentar bermuatan menghina atau spam, berikan jempol bawah, tanda Anda tak menyukai muatan komentar itu. Komentar yang baik, berikan jempol atas.

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.