sponsor

Select Menu

Data

OPINI

HUKUM

PENDIDIKAN

HOME » » Bintang untuk BJB


Unknown 23:39 0

Anda layak dapat BINTANG, ini ungkapan saya pada hari Senin 29 Oktober 2012 saat didaulat berorasi dihadapan aksi mogok Serikat Pekerja Carefour Indonesia (SPCI) di Cempaka Putih. Ungkapan anda layak dapat BINTANG ini didasari pada perjuangan SPCI melawan Union Busting yang dilakukan Carefour Indonesia selama ini dengan melakukan aksi Mogok kerja yang sudah berjalan 12 hari saat tulisan dinaikan ke Blog pemogokan sedang berjalan hari ke 14. Bisa saja ini belum berarti apa - apa tetapi ukuran saat ini dimana orang lebih suka berkompromi untuk mendapat sebuah kemudahan ada sedikit harapan pada Serikat - Serikat pekerja yang saat ini getol memperjuangkan dihapusnya Ousourcing dan Politik upah murah maka 12 hari melakukan pemogokan adalah sebuah prestasi tersendiri. 


Dua hal itu yang menjadi Momok bagi Buruh Indonesia saat ini (Outsourcing dan politik upah murah) disertai dengan Union Busting yang diberlakukan oleh pengusaha mengebiri kebebasan Pekerja membangun Serikat Pekerja dilingkungan tempat kerjanya yang mengakibatkan tuntutan Buruh agar bisa menikmati hasil kerjanya lebih baik menjadi sirna. Sejak kesadaran persatuan antar Serikat Pekerja/Serikat Buruh (SP/SB) dibangun di sekitaran JABODETABEK sudah banyak buruh Kontrak yang terbebas dari penyakit ini dengan diangkatnya mereka menjadi karyawan tetap. Pengangkatan Buruh kontrak menjadi Buruh tetap ini tidak serta merta datang dari langit tetapi ini hasil dari kesadaran akan persatuan yang dibangun oleh SP/SB lewat

solidaritas antar SP/SB yang sedang melakukan tuntutan dengan aksi baik itu aksi Demo maupun aksi mogok. Aksi solidaritas ini ternyata sangat ampuh saat ini karena dengan itu Jumlah peserta aksi akan semakin banyak sehingga bisa menjadi factor penentu tuntutan dikabulkan pihak pengusaha. Hal ini menurut keyakinan saya mendorong teman – teman Karyawan Carefour yang tergabung dalam SPCI berjuang menuntut keadilan ditempat kerja mereka dengan menuntut dihapusnya Union Busting dilingkungan Carefour, dihentikannya PHK dan dihentikannya Rotasi kerja sepihak. Tiga hal ini yang sering terdengar dalam yel – yel sepanjang aksi Mogok hari berlangsung. 

Namanya memang aksi mogok namun terlihat seperti tidak berpengaruh terhadap operasionalnya Carefour, setelah ditelusuri ternyata para aparat kepolisian sudah mengamankan Carefour Cempaka Putih dengan memblokade aksi dengan memberi akses kepada para pembeli untuk dapat melakukan aktifitas belanja tanpa terganggu. Lagi – lagi aparat selalu berpihak kepada pengusaha ketika Buruh melakukan tuntutan atas apa yang menjadi hak mereka. Keberpihakan ini juga terjadi saat SP/SB di Bekasi melakukan Aksi demo dan Mogok mereka diserang oleh Preman bayaran Pengusaha. Para Preman bayaran Pengusaha menyerang Buruh yang sedang melakukan aksi mogok pada pagi buta disaat para Buruh yang melakukan Mogok dengan tetap bertahan dilingkungan Pabrik masih terlelap tidur. Saya tidak mendapat data yang akurat berapa jumlah Korban luka namun informasi yang saya peroleh korban luka hanya pada pihak Buruh. Kesannya penyerangan ini dibiarkan oleh pihak keamanan karena beberapa hari sebelumnya para Pengusaha mendatangi pihak Tentara untuk meminta perlidungan keamanan terhadap usaha mereka dari akibat aksi yang dilakukan Baruh.

Kembali ke Aksi mogok SPCI ketika melakukan orasi saya sempat menyampaikan bahwa kehadiran Carefour di Indonesia mengabaikan kepentingan pedagang kecil karena di Negara asalnya Prancis Carefour tidak diijinkan beroperasi ditengah Kota. Kondisi ini berbanding terbalik dengan di Indonesia karena kemanapun kita pergi maka dengan muda kita menemukan Gerai carefour di Mall2 yang ada seluruh kota. Keprihatinan kita atas pengabaian kepentingan pedagang kecil ini ternyata tidak menjadi perhatian pemerintah padahal inilah tugas utama pemerintah dimana pemerintah seharusnya menjamin warga Negaranya bisa melakukan usaha dalam skala kecil tanpa takut bersaing dengan Ritel2 besar seperti Carefour.

Mengakiri catatan ini saya berharap SPCI dan SEKBER BURUH JABODETABEK membangun komunikasi dengan para pedagang kecil agar apa yang diperjuangkan SPCI menjadi perjuangan anak Bangsa ini melawan tirani KAPITALIS yang berkedok memberi keuntungan kepada masyarakat karena sanggup menyediakan barang murah untuk masyarakat.

Salam pembebasan karena sepanjang Aksi Lagu Internasionale selalu mendapat tempat.

Penulis Andreas Soge

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Bila menemukan komentar bermuatan menghina atau spam, berikan jempol bawah, tanda Anda tak menyukai muatan komentar itu. Komentar yang baik, berikan jempol atas.

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.