sponsor

Select Menu

Data

OPINI

HUKUM

PENDIDIKAN

HOME » » Korban Erupsi Kelud 4 Orang, Bukan 7


Unknown 03:04 0

pengungsi gunung kelud
Pengungsi G Kelud di Kediri
KEDIRI - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana menyatakan empat korban tewas akibat erupsi Gunung Kelud. Setelah dicek ulang ke Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, menurut Sutopo, Kepala Desa, BPBD dan TNI di lapangan melaporkan korban tewas bukanlah tujuh orang seperti yang telah diberitakan media sebelumnya.

"Informasi tersebut tidak benar. Ada beberapa korban yang dihitung dua kali dengan nama sebutan yang berbeda. Hingga saat ini jumlah korban erupsi Gunung Kelud ada empat orang tewas, 56.089 jiwa mengungsi, dan tidak ada yang hilang," kata Sutopo dalam rilis yang diterima VIVAnews, Sabtu 15 Februari 2014. 

Empat korban tewas itu, seperti dilaporkan kepada BNPB, antara lain Pontini atau dipanggil Mbok Nya (60) warga Dusun Plumbang, Desa Pandansari, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, meninggal karena sesak nafas akibat abu vulkanik. Sahiri atau dipanggil Sair (70) warga Dusun Ngutut, Desa Pandasari, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, meninggal karena tertimpa tembok saat menunggu kendaraan evakuasi. Sanusi (80) warga Dusun Plumbang, Desa Pandansari, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, meninggal karena sesak nafas saat berlindung di bawah meja. Yang terakhir adalah Sutinah (97) Dusun Ngadirejo, Desa Sumberagung, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, meninggal karena sesak nafas.

Sutopo menjelaskan, keempat korban tinggal di desa yang berada di radius 7 km dari puncak kawah Gunung Kelud. Tebal abu di lokasi korban adalah 20 cm. 

Menurut Sutopo, saat ini aktivitas Gunung Kelud menunjukkan penurunan. Hanya tremor menerus dengan intensitas sedang. Status Awas, dan radius 10 km harus dikosongkan. 

"Saat ini masih ada warga yang belum mengungsi sehingga aparat dan relawan masih banyak melakukan evakuasi," katanya.

Daerah Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang adalah salah satu daerah yang parah terkena dampak erupsi. Selain abu tebal juga terkena lontaran batu diameter 5-8 cm. Atap-atap rumah tertimpa pasir sehingga beberapa rumah, sekolah, toko dan lainnya roboh. 

Hingga hari ini, tercatat sebanyak 56.089 jiwa mengungsi di 89 titik. Berikut rinciannya:

- Kabupaten Kediri 10.895 jiwa di 38 titik 
- Kota Batu 11.084 jiwa di 26 titik 
- Kabupaten Blitar 8.193 jiwa di 3 titik 
- Kabupaten Malang 25.150 jiwa di 17 titik 
- Kabupaten Jombang 767 jiwa di 5 titik.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Bila menemukan komentar bermuatan menghina atau spam, berikan jempol bawah, tanda Anda tak menyukai muatan komentar itu. Komentar yang baik, berikan jempol atas.

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.