sponsor

Select Menu

Data

OPINI

HUKUM

PENDIDIKAN

HOME » » BMI Asal Cianjur Banyak Tidak Diasuransikan


Unknown 18:28 0

Perlindungan sosial
Perlindungan sosial BMI? dok. permen76.blogspot.com
KORAN MIGRAN, CIANJUR - Buruh Migran Indonesia (BMI) atau yang sering disebut Tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Cianjur yang bekerja di luar negeri ditemukan masih banyak yang tidak diasuransikan. Hal itu disebabkan para TKI asal Kabupaten Cianjur malas memprosesnya, terutama memperpanjang jika masa asuransinya habis.

"Kalau asuransi bagi TKI itu wajib hukumnya kalau mengacu ketentuan normatif. Tapi tetap saja ada TKI yang malas mengurusnya terutama bagi yang masa kontrak masa berlaku asuransinya habis," ujar Kepala Seksi (Kasi) Bina Lembaga Usaha Ketenagakerjaan Dinas Sosial Tenagakerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Cianjur, Ahmad Ubaidilah, ketika ditemui di kantornya, Kamis (23/10/2014).

Dikatakan Ahmad, masa asuransi TKI yang bekerja di luar negeri selama 30 bulan. Lima bulan ketika pelatihan, 24 bulan ketika bekerja, dan 1 bulan ketika TKI habis masa kerjanya. Rata-rata, kontrak para TKI di luar negeri selama dua tahun.

"Setelah itu harus memperpanjang lagi asuransinya kalau kembali bekerja ke luar negeri. Tapi kebanyakan tidak dan langsung bekerja. Ini yang membuat para TKI rugi kalau terjadi apa-apa. Apalagi sampai ganti majikan," ujar Ahmad. (tribun)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Bila menemukan komentar bermuatan menghina atau spam, berikan jempol bawah, tanda Anda tak menyukai muatan komentar itu. Komentar yang baik, berikan jempol atas.

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.