sponsor

Select Menu

Data

OPINI

HUKUM

PENDIDIKAN

HOME » » Banjir, Longsor, Puting Beliung Kepung Indonesia


Unknown 14:14 0

SBMI, Jakarta: Seiring dengan meningkatnya curah hujan beriring pula merebaknya bencana banjir, longsor, dan puting beliung di Indonesia.

Dalam kurun waktu 4 hari terakhir yaitu sejak Sabtu (6/1) hingga Rabu (9/1) terdapat 52 kabupaten/kota di Indonesia yang dilanda banjir, longsor dan puting beliung.

Data sementara mencatat, dari kejadian di 52 daerah itu tercatat 14 orang meninggal, 6 orang hilang, 8 luka-luka, 920 rumah rusak, dan ribuan rumah terendam banjir.

Demikian Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (9/1).

Dikatakan, banjir sangat dominan yang terjadi di 25 kabupaten/kota, sedangkan longsor di 15 kabupaten/kota dan puting beliung di 12 kabupaten/kota. Kejadian ini akan terus bertambah mengingat musim hujan masih berlangsung hingga akhir Maret 2013. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Januari adalah puncak kejadian bencana hidrometeorologi.

Banyaknya kejadian bencana dalam 4 hari terakhir juga dipengaruhi oleh tumbuhnya siklon tropis Narelle di selatan Nusa Tenggara Barat sejak Jumat (8/1) malam hingga sekarang.

BMKG menginformasikan bahwa siklon Narelle masih menguat bergerak menjauhi wilayah Indonesia. Kondisi demikian menyebabkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpeluang terjadi di di Bali, NTB, NTT, Sulawesi Selatan bagian Tengah dan Selatan. Sedangkan hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di Sumatera bagian selatan, Kalimantan bagian selatan, Jawa.

Gelombang dengan ketinggian lebih dari 4 meter berpeluang terjadi di Laut Jawa bagian timur, Selat Makassar bagian selatan, Laut Sumbawa, Perairan Kep. Selayar, Laut Flores bagian tengah dan timur, Perairan Flores, Alor, Perairan selatan Sulawesi Selatan, Perairan selatan Bali, NTB, Perairan selatan Pulau Sumba, Laut Sawu, Perairan Kupang Pulau Rote, Samudera Hindia selatan NTB dan NTT.
Untuk mengatasi banjir, longsor, dan puting beliung tersebut, BNPB terus melakukan langkah-langkah penanggulangan bencana.

Rencana kontinjensi yang telah disusun diaktifkan menjadi rencana operasi pada daerah-daerah bencana dengan menyesuaikan dinamika di lapangan.

Sejak akhir Desember 2012 hingga sekarang BNPB telah memberikan dana siap pakai Rp70,76 miliar ke 15 BPBD Provinsi dan 21 BPBD Kabupaten/Kota yang terjadi bencana.

Anggaran di Pemda sebagian besar terbatas untuk penanganan bencana. Terlebih lagi di bulan Januari seperti saat ini APBN/APBD belum cair sehingga menyebabkan kendala untuk kecepatan merespon bencana.
Untuk itulah dana siap pakai yang ada di BNPB didistribusikan ke BPBD untuk operasional penanganan darurat.

Selain itu juga bantuan logistik dan peralatan, berupa makanan siap saji, tenda, selimut, perahu karet dan sebagainya diberikan untuk penanganan darurat bencana. Tim Reaksi Cepat BNPB hadir di lokasi bencana untuk memberikan pendampingan kepada BPBD, baik pendampingan manajerial, logistik, peralatan, pendanaan, dan administrasi.

Dikatakan, pihaknya juga menghimbau masyarakat untuk terus meningkatkan kesiapsiagaan. Potensi banjir, longsor, banjir bandang dan putting beliung masih berpotensi tinggi saat Januari ini. (Metrotvnews)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Bila menemukan komentar bermuatan menghina atau spam, berikan jempol bawah, tanda Anda tak menyukai muatan komentar itu. Komentar yang baik, berikan jempol atas.

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.