sponsor

Select Menu

Data

OPINI

HUKUM

PENDIDIKAN

HOME » » Namaku TKW


Unknown 23:54 0

Namaku TKW

Namaku TKW,
tentu bukan hanya karena aku bekerja di negeri orang,
tapi karena aku juga Perempuan.
Aku tak tahu berapa usiaku,
Ibuku bilang 20 tahun,
tapi kata mereka aku sudah 25 tahun,
Aku hanya ingat, usiaku berubah sejak 7 tahun yang lalu.
Mereka.....
Orang-orang yang mengirimku ke arab saudi bilang 
Aku tak boleh berangkat, kalau usiaku tidak diubah.

Namaku TKW,
Tapi dulu, 7 tahun yang lalu namaku Satinah
Pemuda di desaku bilang aku cantik,
Mungkin karena mereka suka payudaraku yang padat,
Yang selalu kudekap setiap mereka datang mendekat,
Meskipun pernah sekali waktu, mereka berhasil meremasnya
Ketika suatu malam aku terpaksa melintas di jalan yang senyap.

Kini namaku tidak lagi Satinah
Semua menyebutku TKW,
Tentu bukan hanya karena aku bekerja di negeri orang,
Tapi karena aku juga Perempuan.
7 tahun sejak aku pergi dari desa,
Payudaraku masih ada, tapi tak lagi padat,
dan lihatlah...
Satu putingnya sudah mengantung, nyaris putus.
Aku lupa apa yang terjadi, kepalaku selalu berdenyut setiap mengingatnya,
Entahlah,............
Kata majikanku aku memang kurang waras.

Namaku TKW,
Aku tak tahu dimana desaku,
Pun negeriku,....
Aku hanya ingat, pada si mbok dan bapakku,
Juga seorang perempuan cantik, anak kandungku,
Hanya bayang mereka yang terlihat di bola mataku,
Melekat dalam kenanganku.

Namaku TKW,
Tentu bukan hanya karena aku bekerja di negeri orang,
Tapi karena aku juga Perempuan,
Aku tak tahu apa yang pertama kali mereka bicarakan dengan majikanku,
Sejak itu, aku hanya menjadi TKW,...Tanpa Satinah
dan aku tak lagi Manusia,.....apalagi Perempuan.

Kau lihat,.....
Seperti juga Putingku yang hampir putus,
Vaginaku pun nyaris tak berbentuk,
Aku tak tahu apa yang mereka lakukan,
Terlalu banyak kejadian.

Hari ini, setelah melalui 7 tahun sebagai TKW,
akhirnya aku kembali menjadi Satinah
Aku merebut kemanusiaanku,
Juga kePerempuananku,
Meskipun harus kulakukan dengan sebilah pisau,
Yang kutancapkan ke tubuh-tubuh mereka yang bau dan menjijikkan.

Namaku Satinah
Kini Aku tidak hanya TKW,
Tapi juga seorang Terdagwa,
Aku tak tahu usiaku berapa
Dan entah tinggal berapa,
Yang kutahu......
Mereka...... 
Orang-orang yang mengirimku, tak pernah mau menemuiku,
Apalagi membebaskanku.

Namaku Satinah....
Aku rindu, ingin pulang,
Memeluk si mbok, bapak dan anak perempuanku,
Sebelum algojo memenggal kepalaku,
Dan para pembesar negerimu,
Berlomba mengutuk kematianku.

Karya: A'jeng Kesuma, Bgr, 220611

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Bila menemukan komentar bermuatan menghina atau spam, berikan jempol bawah, tanda Anda tak menyukai muatan komentar itu. Komentar yang baik, berikan jempol atas.

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.