sponsor

Select Menu

Data

OPINI

HUKUM

PENDIDIKAN

HOME » » Buruh Migran Filipina Menanti Menit Terakhir Hukuman Mati


Unknown 15:26 0

Organisasi migran memimpin pawai di Manila untuk mengajukan banding terhadap hukuman mati yang dikenakan kepada seorang pekerja Filipina di Arab Saudi.

Migrante, sebuah LSM peduli buruh migran, mendesak pemerintah untuk menyelamatkan nyawa pekerja migran Joselito Zapanta yang sedang “menghadapi di akhir pertandingan itu.”

Zapanta dinyatakan bersalah terkait pembunuhan seorang warga Sudan tahun 2010 di Arab Saudi dan membayar kompensasi dengan batas waktu hari ini untuk keluarga korban senilai $ 1.300.000 atau menghadapi eksekusi mati.

Keluarga Zapanta hanya mampu membayar $ 121.000 untuk menyelamatkannya.

Ibu dan saudarinya berangkat ke Arab Saudi dengan surat resmi untuk keluarga korban meminta perpanjangan waktu, kata Juru Bicara Luar Negeri Raul Hernandez.

Belum lama ini Wakil Presiden Jejomar Binay juga berbicara tentang kehidupan Zapanta karena pengumuman eksekusi telah dijadwalkan, meskipun banding oleh Presiden Benigno Aquino.

Binay mengatakan Presiden Aquino menulis surat permohonan kepada Raja Abdullah dari Arab Saudi bulan lalu, namun nasib Zapanta terletak pada keputusan keluarga korban.

Connie Bragas-Regalado, ketua Migrante, mengatakan kurangnya bantuan pemerintah bagi pekerja migran termasuk Zapanta telah berubah menjadi tren di Filipina.

“Kini kami melihat kelalaian dan tindakan pada menit-menit terakhir. Para pemimpin harus berputar otak, dan tidak boleh hal itu terjadi pada para pekerja kita di luar negeri,” katanya.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Bila menemukan komentar bermuatan menghina atau spam, berikan jempol bawah, tanda Anda tak menyukai muatan komentar itu. Komentar yang baik, berikan jempol atas.

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.